APBD Dikebut, Banggar Beri Catatan

IST/RADAR MANDALIKA RAPAT: Suasana paripurna pandangan Badan Anggaran (Banggar) dan fraksi DPRD Lobar atas nota keuangan APBD sudah dilakukan, kemarin.

LOBAR–Proses pembahasan Anggan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 Lombok Barat (Lobar) terus digodok. Bahkan paripurna pandangan Badan Anggaran (Banggar) dan fraksi DPRD Lobar atas nota keuangan APBD sudah dilakukan, kemarin.

Ketua DPRD Lobar, Hj Nurhidayah mengaku jika pihaknya begitu serius membahas APBD itu. Mengingat batas terakhir pengesahan APBD itu pada akhir November 2019 mendatang.

“Besok tinggal tahapan tanggapan kepala daerah, baru rapat internal komisi, Rabu-Kamis gabungan komisi dengan eksekutif. Kemudian 29 November kita pengesahan pengetokan APBD,” papar politisi Gerindra itu selepas paripurna.

Wanita asal Gunungsari itu memastikan jika DPRD sudah memperlajari seluruh APBD 2020 itu. Sehingga penganggaran pada tahun depan dapat maksimal direalisasikan. Ia tidak mempungkiri Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak hotel masih berkurang. Hal itu dikarenakan beberapa hotel penunggak pajak yang sudah tidak beroperasi.

BACA JUGA  Sangkal Pejabat Keluar Daerah Jalan-jalan

Pada saat paripurna itu Banggar menyampaikan istruksi kepada pihak eksekutif. Terutama berkaitan dengan rencana pemekaran sejumlah desa di Lobar.

Anggota Komisi I DPRD Lobar Indar Jaya Usman menekankan agar program prioritas pemekaran desa harus dipercepat SK-nya. Sebab persiapannya membutuhkan waktu. Sehingga ia meminta bupati untuk dapat menerbitkan SK-nya di tahun 2020 ini.

“Jangan sampai molor terkait persiapan menuju desa definitif. Karena  membutuhkan waktu 3 tahun,” jelas politisi Demokrat itu.

Menurutnya pemekaran desa ini menjadi aspirasi masyarakat. Bahkan ia menilai sejauh ini penanganannya dinilai masif dan sudah berlarut-larut.

“Pemerintah daerah harus memilik terobosan dalam hal percepatan tanpa harus mengangkangi aturan perundang-undangan,” sarannya. (win)

BACA JUGA  Sikat Tambang Liar, Pemkab Bentuk Satgas PETI

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Lagi, Kapal Pesiar Nyandar di Gili Mas

Read Next

14 Formasi Sepi Peminat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular