Bau Nyale Dipusatkan di Pantai Aan

DOK/RADAR MANDALIKA MENUJUKKAN: Salah seorang warga menujukkan nyale hasil tangkapannya, tahun 2019 lalu.

Perayaan Terakhir Masa Kepemimpinan Suhaili

PRAYA-Perayaan event Bau Nyale (tangkap cacing laut, Red) di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun ini, bakal dipusatkan di lokasi berbeda. Yakni di kawasan Pantai Aan, Kuta. Berbeda dengan tahun lalu di lokasi Pantai Seger.

Bupati Loteng, H Moh. Suhaili FT mengatakan, untuk perayaan bau nyale tahun ini besok, (hari ini, Red) akan dilaksanakan rapat sangkep urige untuk menentukan tanggal kapala pelaksanan bau nyale ini.  Namun untuk lokasi, rencananya akan dipusatkan di kawasan pantai Aan.

 “Acara pusatnya saja di pantai Aan,” bebernya, kemarin.

Bupati menegaskan, alasan sehingga perayaan Bau Nyale ini dipusatkan di pantai Aan, karena beberapa pertimbangan.  Karena selain kawasan Aan sangat menampung masyarakat banyak, infrastruktur jalan juga sudah sangat bagus, ada tempat parkir.  Tidak hanya itu, kawasan pantai Seger itu sudah masuk menjadi kawasan sirkuit MOTOGP.

“Kalau tetap akan dipusatkan di pantai Seger, khawatirnya akan merusak pembangunan sirkuit itu sendiri,” katanya.

Selain itu, yang harus diketahui bahwa Core Event Bau nyale ini tidak hanya menjadi even yang dilaksanakan oleh pemerintah Loteng saja. Namun sudah menjadi event nasional.  Bahkan, dirinya mempunyai impian atau cita –cita dari pelaksaan rapat urigenya jangan hanya masyarakat Loteng saja yang rapat atau sangkep. Tapi dimulai dari masyarakat Bima hingga pojok Ampenan ikut melakukan sangkep nyale NTB. 

BACA JUGA  Polres Siap Amankan Sirkuit MotoGP

“Kalau itu bisa dilakukan, bagaimana indahnya. Bisa saja ini menjadi event internasional.  Nanti untuk pemantauanya oleh Gubernur NTB bisa dilakukan dengan mengunakan helikopter,” ujarnya.

Menurut Suhaili, semua tokoh budayawan maupun adat  NTB harus bersatu untuk ini.  Sebab penangkapan nyale ini bukan hanya di Loteng. Namun ada juga di dearah Bima, Lotim, Dompu dan Sumbawa. Bahkan NTT pihaknya mengetahui ada penangkapan nyale tersebut.  “Janganlah ada perbedaan. Kita harus bersatu guna mengembangkan segala potensi yang ada ini,” jelasnya.

Bupati mengaku, perayaan Bau Nyale tahun ini merupakan perayaan terkahir masa kepemimpinannya. Sebab masa jabatan Suhaili tingga tahun ini saja. Oleh karenanya, untuk perayaan kali ini harus dikemas berberda dengan sebelumnya dan harus lebih sangat meriah.  Bilaperlu dalam puncak acara nantinya akan dihibur oleh sejumlah artis maupun band ibu kota.

BACA JUGA  Harga Kebutuhan Pokok Meroket

 “Ya harus lebih meriah dong.  Saya juga rencannya akan keliling pada malam pucak. Sebab perayaanya bukan di Aan saja, namun banyak titik yang digunakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Suhaili mengungkapkan, dengan semakin meriahnya pelaksanaan bau nyale ini  diharapkan mampu mendongkrak pariwisata NTB kedepannya.  Apalagi event sudah berdampak bagi ekonomi ekonomi masyarakat.  Tidak lupa pihaknya, sangat berterima kasih kepada semua elemen, baik Pemprov NTB maupun pemerintah pusat yang telah mendukung kegiatan sehingga sekarang bisa berjalan sukses.

 “Dengan masuknya bau nyale sebagai event nasional. Maka diharapkan kedepan akan semakin meriah lagi. Namun yang terpenting saat ini adalah bagaimana memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang datang,” ujarnya, kemarin.

Dia mengeaskan, tradisi nau nyale ini  merupakan legenda turun menurun dari nenek moyang warga, sehingga memang semua pihak harus tetap melestarikan. Selain itu, pergelaran nyale ini bisa diamabil menjadi pembelajaran untuk bagaimana mempersatukan masyarakat dan rela berkorban demi kemajuan masyarakat dan demi menjaga Kamtibmas. 

“Kami akan terus melaksanakan berbagai even untuk mempromosikan berbagai pariwisata kedepanya. Sehingga, kami juga mengharapkan agar pemerintah provinsi maupun pusat untuk tetap mendukung segala event yang dilaksanakan.  Pasalnya,  bila pariwisata lebih maju, tentu perekonomian masyarakat juga akan terus bergerak,” harapnya. (jay/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

KPU Siapkan Penggantinya dari Bali

Read Next

Pastikan Listriki Aman untuk MotoGP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular