Bidik MAN Insan Cendikia

H Abdul Fatah ( DOK/RADAR MANDALIKA )

LOTENG– MTsN 2 Lombok Tengah saat ini tengah membidik lulusan untuk bisa bersekolah di MAN Insan Cendikia (IC) Lombok TImur. MAN IC merupakan satu diantara 20 madrasah di Indonesia yang memiliki standarisasi nasional.

Kepala MTsN 2 Lombok Tengah, H Abdul Fatah menuturkan, MAN IC adalah madrasah yang dihajatkan untuk mencetak santri yang handal dalam ilmu keagamaan dan menguasai ilmu teknologi. Sehingga MAN IC menjadi rekomendasi siswa kelas IX yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Sudah ada sosialiasi ke madrasah dari pihak MAN IC. Siswa kelas IX juga ikut semua,” tuturnya.

Dari sosialisasi yang dilakukan itu, ada sejumlah informasi penting yang didapat. Seperti mekanisme pendaftaran siswa baru melalui jalur reguler dan prestasi secara online yang dibuka sejak 18 Februari sampai dengan 15 Maret mendatang. Sehingga ada celah untuk siswa yang ingin melanjurkan studinya melalui dua jalur yang sudah disiapkan tersebut.

“Apalagi sudah banyak siswa kami yang mendapatkan prestasi akademik maupun non akademik hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Selain itu, di MAN IC tidak dipungut uang SPP. Siswa hanya dibebankan biaya makan sehari-hari yang jumlahnya masih terjangkau. Dimana siswa membayar sesuai kesepakatan dengan wali santri dikenakan Rp 800 ribu setiap bulannya. Sementara untuk ekstrakurikuler, MAN IC menyelenggarakan banyak kegiatan. Seperti robotik, tilawatil dan fahmil quran, karya tulis ilmiah, seni musik, mading, kaligrafi, broadcast TV dan radio, olahraga memanah dan lainnya.

BACA JUGA  UNBK di Lobar Lancar

“Dengan banyaknya kegiatan itu, siswa bisa mengembangkan potensi diri,” ujarnya.

Ditambahkan, sosialisasi sangat bermanfaat bagi siswa di madrasah, khususnya yang saat ini kelas IX dan sebentar lagi akan lulus. sehingga ia berharap banyak siswa yang tertarik dan ikut mendaftar.

“Semoga yang mendaftar nantinya dapat lulus semua,” pungkasnya. (bam)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kades Ungga Diminta “Copot Seragam”

Read Next

KKM MIN 4 Sosialisasi USBN dan UAMBD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular