Blok Pujut Bakal Berdayakan Pemuda Pesisir

TANGKAP: Seorang petani udang di Pratim tengah menangkap udang di tambak udang. ( TARNADI/RADAR MANDALIKA )

PUJUT—Organisasi Pemuda Blok Pujut, Kecamatan Pujut terus menunjukkan keberadaannya. Setelah banyak menyelenggarakan kegiatan kepemudaan, dalam waktu dekat mereka bakal melaksanakan pemberdayaan kepada pemuda pesisir di dua desa, yakni Desa Mertak dan Desa Prabu.

Ketua Blok Pujut, Rata Wijaya mengungkapkan, pemberdayaan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yakni pelatihan pemuda kreatifitas dan produktif. Dalam pelatihan ini akan diajarkan proses penangkapan, pengolahan dan manajemen pemasaran produk. Artinya, pemuda pesisir tidak saja fokus melakukan pembenahan terhadap potensi pantainya saja, namun bagimana mereka bisa produktif dalam produksi hasil lautnya. Misalnya, ketika pemuda aktif menangkap ikan, udang dan hasil laut lainnya, mereka harus bisa mengolahnya menjadi makanan olahan yang memiliki nilai jual tinggi.

BACA JUGA  BUMDes Pendem Kelola Usaha Baru

“Kita target 40 orang sebagai peserta yang berasal dari pemuda pesisir Pantai Awang, Bumbang, Dondon dan Prabu,” ujar Rate panggilan akrabnya.

Ditambahkan Direktur BUMDes Desa Pengengat ini, Blok Pujut menggandeng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi sebagai mitra. Karena meski sudah dilatih, mereka bakal terus dibina dan diberdayakan. Selain itu kata dia, kriteria pesertanya yakni pemuda pesisir yang masih nganggur dan memiliki semangat serta keinginan untuk berkreasi. Sebab, pelatihannya direncanakan selama lima bulan, termasuk proses magangnya.

“Biar mandiri, mereka akan terus dipantau usahanya,” ungkapnya.

Lebih jauh diutarakan Rate, apa yang diprogramkan oleh Blok Litbang dan peningkatan SDM anggota ini, sebagai upaya untuk mempersiapkan pemuda pesisir menyambut geliat pariwisata di kawasan Selatan Loteng. Harapannya, paling tidak produk mereka bisa masuk akomodasi hotel di kawasan KEK Mandalika Resort.

BACA JUGA  BUMDes Segala Anyar Makin Maju

“Terlebih lagi, kita punya banyak desa wisata, nanti bisa berkolaborasi,” ungkapnya. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kemenpar RI Nilai Kunjungan Wisata di Lombok

Read Next

Coba Buka Franchise Kuliner Kekinian Brownies Meleleh ala Trian’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular