BPNT Berubah Jadi Sembako Murah

DOK / RADAR MANDALIKA H Ahmad

LOTIM – Sejak Januari tahun ini, program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berubah menjadi Sembako Murah. Tahun ini juga, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Program Keluarga Harapan (PKH) di Lombok Timur (Lotim), naik 13.300 orang lebih. Dari jumlah sebelumnya sebanyak 125 ribu lebih KPM.

“Total penerima sembako murah kita di Lombok Timur sebanyak 148 ribu lebih,” kata H Ahmad, Kepala Dinas Sosial (Disos) Lotim, dikantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim. Rabu (8/1) lalu.

Lanjut Ahmad menjelaskan, perubahan nama dari BPNT ke sembako murah, belum diketahui apakah pola distribusinya berubah atau tidak. KPM juga tak lagi menerima Rp 110 ribu per bulan, melainkan naik menjadi Rp 150 ribu per bulan. Artinya, akan ada penambahan komponen yang dibeli KPM selain beras dan telur. Apakah tambahan item itu berupa minyak dan gula, atau lainnya. Masih menunggu petunjuk teknis langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

BACA JUGA  Potret Suasana Libur Lebaran Idul Fitri di Lombok Timur

“Tanggal 20 Januari mendatang, seluruh wilayah dua akan ke Jakarta, membahas masalah perubahan nama dan polanya seperti apa distribusi sembako murah ini,” tandasnya.

Ia berharap, dalam perubahan nomenklatur bantuan dari BPNT menjadi sembako murah itu, juga mengalami perubahan pada pola pemberian bantuan pada masyarakat. Sehingga, pihaknya segera menyesuaikan di tingkat daerah. “Yang jelas semua berubah. Dulu Basis Data Terpadu (BDT), sekarang namanya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” terangnya.

Kemarin diruang kerja Bupati, dilakukan Rapat Koordinasi masalah sembako murah ini. Rakor itu, sembari menunggu keputusan Kemensos. Januari ini dari Rp 150 ribu untuk KPM itu, digunakan pembelian 10 Kg beras dan 1 tray telur. (fa’i/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Pendapatan Sektor Parkir Masih Bocor

Read Next

Investasi Pengolahan Ikan Masih Dibahas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular