Bunkate Progrmakan Tiga Pemberdayaan

IST/RADAR MANDALIKA Sulaeman

JONGGAT– Pemdes Bunkate, Kecamatan Jonggat tahun ini bakal melaksanakan tiga program pemberdayaan. Program yang berupa pelatihan ini semuanya dilaksanakan pada pencairan Dana Desa (DD) termin ketiga atau pada pencairan DD 40 persen kedua itu. Untuk melangsungkan program tersebut, kini Pemdes sedang persiapkan pengajuannya.

“Ada banyak sebenarnya rencana kita untuk pemberdayaan ini. Tapi dana kita tidak cukup,” tutur Kades Bunkate, Sulaeman kepada Radar Mandalika di kantornya, Kamis (21/11).

Dibeberkan, adapun empat program pemberdayaan tersebut diantaranya, pelatihan bengkel las listrik, tata boga serta pelatihan anyaman rotan dan ketak (Roket). Ketiga pelatihan ini pun, Pemdes alokasikan dana ssbanyak Rp 138 juta. Pada pelatihan perbengkelan las listrik sendiri, dana yang digelontorkan sebanyak Rp 56 juta dengan sasaran peserta dari kalangan pemuda di enam dusun yang ada. Seperti Dusun Dasan Kulur, Bunkate Timuk, Bunkate Ebat, Bunun Gol, Tanak Beak dan Dusun Batu Ngereng. Selanjutnya untuk pelatihan tata boga itu, dananya sebanyak Rp 41 juta dengan sasaran peserta dari ibu rumah tangga dan pemudi kreatif. Dengan harapan agar, produksi aneka makanan bisa tumbuh di Bunkate. “

BACA JUGA  Desa Diminta Serius Tingkatkan IPM

“Mungkin ini nanti sasaran peserta lebih pada IRT yang juga anggota PKK,” lanjutnya.

Kades baru ini juga menambahkan bahwa, pada pelatihan anyaman rotan dan ketak juga demikian. Pemdes alokasikan dana ssbanyak Rp 41 juta melalui DD. Pesertanya yakni masyarakat yang sejak awal memang menggeluti kerajinan Roket. Namun, pesertanya juga nanti ada dari warga yang batu mulai mencoba. Dikatakan, untuk kerajinan Roket ini ada warga yang telah menggelutinya. Hanya saja, tidak banyak dan itupun masih tidak tembus pasar ekspor. Untuk itu, ia berharap ke depan dari pelatihan ini akan ada muncul kelelompok produktif yang bisa menjadi wadah peningkatan perekonomian masyarakat. Tak terkecuali dua pelatihan lainnya. Jika berjalan optomal, Pemdes tak segan-segan memberikan bantuan melalui program pemberdayaan ke depannya.

BACA JUGA  Kopang Rembiga Bertekad Ubah Wajah Lingkungan

“Kita awali dengan pelatihan dulu. Jika out put-nya bagus setelah dilatih. Kita dari desa akan upayakan pembinaan dan berdayakan dalam bentuk lain,” pungkasnya. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Perina Lirik Potensi Ekonomi Masyarakat

Read Next

Batujai Dijatah 150 Unit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular