Camat Diminta Kumpulkan SK Prades

SERIUS: Semua Kades di Loteng hadir saat Rakor dengan pejabat DPMD Loteng belum lama ini. ( TARNADI/RADAR MANDALIKA )

Jadi Acuan Pembayaran Siltap

PRAYA—Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah, Jalaludin meminta para Camat mengecek dan mengumpulkan semua Surat Keputusan (SK) pengangkatan perangkat desa (Prades). Sebab SK tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk pembayaran penghasilan tetap (Siltap) Prades oleh masing-masing desa.

“Jadi, sebelum melakukan verifikasi APBDes, semua SK itu harus terkumpul,” pinta Jalal.

Pengumpulan SK lanjut Jalal, sebagai acuan desa membayar Siltap seseorang yang diangkat menjadi Prades. Jangan sampai tidak sesuai aturan. Kemudian jika ada Prades masih memegang SK lama sebelum Permendagri 67 tahun 2017 sebagai rujukan Perbup nomor 43 tahun 2018, hendaknya direvisi dulu. Sebab regulasi itu tidak lagi mengakomodir jabatan periodenisasi Prades kewilayahan.

BACA JUGA  Pendem Target ODF Tahun Ini

“SK ini penting untuk dicek biar tidak salah Pak Kades membayar Siltap. Bisa-bisa nanti disuruh kembalikan Siltap yang sudah diberikan kalau diketahui,” ancamnya.

Jika tidak memungkinkan untuk direvisi lanjut Jalal, Kades juga memiliki kewenangan untuk memberhentikan bawahannya sebagai Prades. Hanya saja, ia menekankan agar kebijakan itu diambil tidak semena-mena. Artinya, Kades memberhentikan Prades harus melalui kajian dari segi regulasi terlebih dahulu.

“Kalau memenuhi syarat sebagai Prades, jangan sembarang dipecat juga,” imbau mantan Kabag APU Setda Loteng ini.

Pengecekan SK juga lanjut pria asal Kawo ini, sebagai bentuk kehati-hatian dan evaluasi Camat terhadap SK yang diterbitkan Kades. Karena tidak menutup kemungkinan ada SK yang dikeluarkan yang tidak sesuai aturan.

BACA JUGA  Camat Minta Kades-BPD Ungga Berdamai

“Kita berkaca pada kasus di Janapria beberapa waktu lalu. Dimana ada Prades terbukti menggunakan ijazah palsu dan akhirnya ditahan di Polres,” sebutnya. (tar)

Spread the love
  • 15
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    15
    Shares

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Penertiban Villa Jangan Hanya Pencitraan

Read Next

Sol Sepatu Ampenan Mulai Ramai Pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular