Camat Prabarda Diperiksa Tiga Jam

PERIKSA: Camat Prabarda Kamaruddin saat menjalani pemeriksaan didampingi pengacara, kemarin. ( IST/RADAR MANDALIKA )

PRAYA— Camat Praya Barat Daya Lombok Tengah, Kamaruddin kembali menjalani pemeriksan di unit Tipikor Polres setempat, kemarin. Kamaruddin diperiksa penyidik selama tiga jam, dari pukul 09.00 sampai 11.30 Wita.

Dalam pemeriksaan ini, sang camat datang didampingi pengacara. Dalam pemeriksaan kali ini, pemeriksaan lanjutan untuk mencocokan keterangan Kamaruddin sebelumnya.

Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Rafles P Girsang mengatakan, pemeriksaan itu dalam rangka mencocokan hasil klarifikasi. Mengingat camat ini diduga sebagai otak dalam kasus dugaan pemotongan uang insentif marbot.

“Kalau sebelumnya hanya diklarifikasi, tapi karena naik kasusnya ke penyidikan makanya kita panggil lagi untuk kita BAP ulang,”

terang Rafles, kemarin.

Meski pemeriksaan saksi sudah tuntas dilakukan, hanya saja penetapan tersangka belum bisa dilakukan. Mengingat saat ini pihaknya masih menunggu hasil audit dari Inspektorat, mengingat hal itu masuk dalam kasus korupsi.

BACA JUGA  Peserta MRSF Menyemut

“Tapi audit sudah dilakukan oleh inspektorat dan tidak membutuhkan waktu lama, mudahan minggu ini bisa keluar hasil auditnya,” jelasnya.

Dia mengaku, pada intinya kasus korupsi isentif marbot ini menjadi kasus prioritas yang harus diselesaikan bulan ini. Sehingga,  untuk mempercepat pemeriksaan pada sejumlah marbot yang hanya diminta buat surat peryataan sebelumnya.

Atas perbuatannya, camat ini dijerat dengan pasal berlapis, pasal 2 dan 3 jo pasal 18 undang- undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan undang- undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo pasal 64 ayat  (1) KUHP dan Pasal 8 dengan hukuman paling berat empat tahun penjara. (jay/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Siap, Mutasi Besar-besaran di Lingkup Kemenag

Read Next

Gubernur Langsung Turun Tangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular