Cara KSM Gempal Peduli Soal Sampah

AHMAD ROHADI/RADAR MANDALIKA KEJUTAN: Kadus Karang Montong memberikan doorprize kepada salah satu pemenang undian pemungutan sampah plastic, beberapa waktu lalu.

Ajak Warga Kumpulkan Sampah, Siap Tukar dengan Telur dan Peralatan Dapur

Sampah  menjadi momok yang kerap menjadi masalah, Tumpukan yang terjadi sering dikeluhkan warga, selain bau busuk yang ditimbulkan juga memicu pandangan mata tak enak dilihat. Atas kondisi ini, mengundang keprihatinan sejumlah pihak salah satunya kelompok swadaya masyarakat (KSM) Gempal di Lombok Utara.

AHMAD ROHADI-LOMBOK UTARA

KSM Gempal  yang berada di Dusun Karang  Montong Daya, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang Lombok Utara, menginisiasi untuk menjadikan sampah sebagai bagian dari barang yang bernilai ekonomis. Sampah diharapkan tidak lagi menjadi masalah namun bisa menjadi manfaat yang bernilai ekonomis.

KSM Gempal yang diketuai Lalu Fauzi yang juga merupakan kepala dusun (Kadus) Karang Montong Daya meminta masyarakat untuk mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya yang dikumpulkan di dalam botol dan pihaknya siap menukar dengan sembako seperti telur.

“Kami minta masyarakat untuk aktif menangani sampah, kami siap menukar sampah yang dikumpulkan dengan telur dan ini sudah kami jalankan,” ujar Fauzi.

Beberapa waktu lalu, pihaknya juga melaksanakan gebyar sampah yang mana dimaksud untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar, dimana sejumlah pihak, dari kalangan pelajar, masyarakat ibu-ibu dan dari kalangan SKPD diajak untuk berkeliling kampung memungut sampah dan disiapkan kupon undian oleh pihaknya berupa door prize yang beragam. Namun demikian kata Fauzi tentu hal semacam itu sebagai ceremonial saja, yang terpenting bagaimana memberikan edukasi ke warga untuk dapat mampu mengolah sampah menjadi nilai ekonomi. Sehingga dibeberapa kesempatan pihaknya kata Fauzi melakukan pembinaan bagaimana membuat kompos, dan kerajinan dari sampah plastik.

Tidak saja KSM Gempal bergerak di satu dusun, namun pihaknya kata Fauzi roadshow ke dusun lain untuk memungut sampah, seperti di pasar pemenang belakangan pihaknya turut aktif membantu proses pembersihan dan di dusun-dusun lain .

Pihaknya juga mendatangi  dusun di luar kecamatan Pemenang, seperti Dusun Karang Bayan, Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara yang diajak bersinergi. Warga di desa  itu diajak berinovasi.

Posyandu Plamboyan RT 2 di Dusun Karang Bayan, dikunjunginya dan diajak  berinovasi yang sekaligus menerapkan program pengumpulan sampah plastik.”Kami bersama KSM Gempal di kegiatan posyandu  melakukan kegiatan  penukaran sampah plastic dengan telur,”
beber Kadus Karang Bayan Lumsah, S.Pd.

Lanjutnya, pada kesempatan yang sama ini sekaligus mencoba menyampaikan kepada rekan rekan kader setempat  terkait dengan pentingnya menjaga kebersihan.

“Kegiatan ini baru pertama kali jadi belum banyak masyarakat yang tahu, jadi kami sebagai kader ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti langkah dalam mengumpulkan sisa sisa sampah atau plastic untuk dimasukan ke dalam botol sekiranya setiap jadwal posyandu, masyarakat bisa membawa sampah plastik paling sedikit 4 botol ditukarkan dengan telur,” ucapnya.(*)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
BACA JUGA  Oki Rengga Ceritakan Suka-Duka Kiper di Panggung Stand-up Comedy

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Parkir Bodong Segera Disikat

Read Next

Kepala Dikbud NTB Kabarnya Diberhentikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular