Ciptakan Desa Bersih, Batujai Tata Lingkungan

IST/RADAR MANDALIKA MEMBANGUN: Sejumlah warga Desa Batujai, Kecamatan Prabar tengah membangun SPAL di Dusun Poen belum lama ini.

PRABAR—Salah satu program prioritas Pemdes Batujai, Kecamatan Praya Barat (Prabar) tahun ini melakukan penataan lingkungan. Penataan lingkungan ini dihajatkan untuk menciptakan Desa Batujai yang sehat dan bersih. Adapun langkah itu, Pemdes lakukan dengan membangun Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dan dengan menggalakkan program jumat bersih di semua dusun.

“SPAL ini kita bangun di enma dusun tahun ini,” tutur Kades Batujai, Alwan Wijaya.

Dikatakan Alwan, program pembangunan SPAL ini dilakukan di enam dusun diantaranya, di Dusun Lolat, Gabak, Jomang, Poen, Lakah dan di Batu Lajang. Pembangunan sarana kesehatan tersebut bagian dari penataan lingkungan (dusun) dengan rata-rata panjangnya paling sedikit 200 meter. Kini katanya, program yang dibangun pada Dana Desa (DD) termin kedua tersebut sudah jadi dikerjakan. Selain itu, sebagian besar hasil pekerjaannya telah disertifikasi oleh BPD dan pendamping desa. Karena sertifikasi program tahap kedua tersebut merupakan salah satu syarat pencairan DD tahap terakhir (ketiga). Untuk itu, dari sertifikasi program tersebut, ia pastikan sudah dikerjakan sesuai dengan volume yang ada di APBDes. Dikatakan Kades baru ini juga bahwa, penataan lingkungan dengan SPAL ini sangat dinantikan oleh masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang ada di beberapa dusun yang memang berpenduduk padat saat ini. Selain itu selama ini persoalan air limbah rumah tangga menjadi persoalan akut yang banyak dikeluhkan. Makanya Pemdes upayakan agar menjadi program prioritas.

BACA JUGA  Gemel Rehab 35 Unit RTLH

“Tahun depan Insya Allah kita programkan juga,” ujarnya.

Untuk mendukung program penataan lingkungan ini tambah Alwan, Pemdes juga programkan gerakan Jumat bersih. Dalam pelaksanaannya, Pemdes melibatkan semua perangkat desa, pimpinan lembaga, Pol PP desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, toga, toma dan tokoh pemuda dusun. Selama ini , program tersebut telah berjalan beberapa pekan lalu dengan menyasar beberapa dusun yang ada di sekitar kantor desa. Namun agar semua dusun mendapat giliran, Pemdes telah membuat jadwal di semua dusun. Adapun tempat yang dibersihkan bersama katanya, menyasar semua selokan dusun itu, tempat-tempat umum, pinggir jalan dan lainnya. Dengan tujuan selain menata lingkungan, program ini juga bisa menjadi pemicu masyarakat untuk tetap Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

BACA JUGA  Ruas Jalan Selebung-Pengadang Beri Angin Segar

“Untuk mendukung PHBS ini juga, pada 2020 kita bakal anggarkan untuk pelatihan pengolahan sampah. Termasuk juga menganggarkan pengadaan kendaraan roda tiga melalui desa,” ujarnya.

“Sekarang juga sudah kita sosialisasikan ke semua Kadus. Tantangan kita untuk menjadi desa yang maju dan sebagai desa wisata, lingkungan kita harus terbebas dari sampah,” sambungnya. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Perbedaan Harga Lahan Bypass Dipertanyakan

Read Next

Pemkot Salurkan 460 Konverter Kit Kepada Nelayan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular