Cukup Panjang dan Memuaskan

PENAMPILAN SEPEKTAKULER: Para kontingen karnaval saat menampilkan konstum andal mereka, Sabtu lalu di Kota Praya. ( JAYADI/RADAR MANDALIKA )

PRAYA-Perhelatan festival pesona bau nyale tahun 2019 di Lombok Tengah cukup memuaskan. Rentetan acara yang begitu panjang dan melelahkan terbayar sudah dari acara yang berjalan sukses. Ini berkat kerjasama yang baik, antara pemerintah pusat, pemprov, Pemkab Loteng hingga masyarakat Gumi Tastura.

TUMPAH: Nyale atau cacing laut yang ditangkap warga.
( IST/RADAR MANDALIKA )

Awal rangkaian kegiatan yang paling dinantikan warga dan wisatawan yakni, karnaval yang terpusat di Kota Praya. Acara ini bisa mengundang ribuan warga dan banyak wisatawan yang menyaksikan dan mengabadikan momen tersebut. sampai-sampai, artis juga ada yang datang menyaksikan.

Kesempurnaan event nasional ini makin terlihat saat nyale (cacing laut, Red) tumpah di pusat acara Pantai Seger, Kuta Pujut, pagi kemarin. Demikian juga di pantai lainnya di Selong Belanak, Mertak dan lainnya juga sama.

Kepada awak media, Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah berjanji akan terus mendorong perkembangan pariwisata ke depanya.  Sebab, ia mengaku pariwisata sebagai sektor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. 

“Kita tetap berupaya agar bagaimana pariwisata ini terus bertambah,” tegasnya di Seger Kuta, Minggu malam ( 24/02).

Rohmi menegaskan, warga NTB patut bersyukur melihat kekayaan alam yang sangat indah ini.   Apalagi, di Lombok Tengah banyak kekayaan alam berupa pantai maupun objek wisata yang dapat dikelola. Belum lagi dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khsusus (KEK) Mandalika yang sebagai skala prioritas pemerintah pusat.  Artinya, beberapa tahun ke depanya, pihaknya yakin bahwa Loteng akan terus maju dan penghasilan daerah juga pastinya akan terus meningkat.

Senada disampaikan Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI, Hesty Reko Astuti. Dia menegaskan, sebagai bentuk upaya pihaknya mendukung, belakangan ini pihaknya terus mempromosikan untuk mendorong perkembangan pariwisata. “Segala tentang objek wisata itu kami selalu sampaikan ke masyarakat,” tuturnya.

BACA JUGA  Poltekpar Lombok Partisipasi di Hasanah Ramadan

Jika semua pariwisata sudah maju, otomatis kemajuan Lombok Tengah bahkan NTB akan terus bertambah,  baik dari sisi penghasilan pendapatan maupun lainnya.  Sehingga, berulang kali pihaknya meminta masyarakat untuk sama –sama terlibat dalam segala pembangunan itu.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Loteng,  HL Pathul Bahri mengungkapkan, dengan perkembangan pariwisata ini mempunyai dampak sangat besar bagi Loteng.   Buktinya, bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) yang sebelumnya Rp 35 miliar sekarang sudah bertambah 20 miliar.  Begitupun dengan APBD Pemkab dulunya Rp 900 miliar sekarang sudah bertambah menjadi Rp 2,2 triliun.

 “Selain itu bukti riil dengan kemajuan pariwisata itu adalah berkurangnya angka kemiskinan,” kata Pathul tegas.(jay/r1)

Spread the love
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Pembangunan Jangan Lamban

Read Next

Penjualan Astra Motor Ampenan Naik 12 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular