Gubernur Akan Teken Kerjasama dengan UPSI

MATARAM – Kepala Biro Administrasi Kerjasama, Setda NTB, Ahmad Nur Aulia menjelaskan, Pemprov NTB berinisiatif untuk meningkatkan dan lebih mempererat hubungan Indonesia dengan Malaysia, dengan memperkuat kerjasama setidaknya lima hal. Yaitu,  Bidang ketenagakerjaan, bidang pariwisata, bidang perdagangan, bidang pendidikan dan bidang kebudayaan.

Untuk bidang Ketenagakerjaan sendiri, dia ini didasarkan NTB  masuk sebagai tiga besar provinsi di Indonesia sebagai pengirim tenaga kerja ke Malaysia, dan Pemerintah NTB terus berupaya mengajak seluruh elemen untuk melindungi tenaga kerja NTB di Malaysia.

Berikutnya, di Bidang pariwisata. Berdasarkan data BPS bahwa beberapa tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke NTB melalui Malaysia tercatat sebagai yang tertinggi, ini diartikan bahwa malaysia merupakan Hub yang penting dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke NTB dan terakhir bidang Perdagangan Pemprov berupaya untuk memasarkan produk NTB dengan mengekspor secara langsung melalui expo atau pameran.

“Bidang pendidikan yaitu pengiriman mahasiswa keluar negeri sebanyak mungkin,” kata Aulia di Mataram kemarin.

Kerjasama terakhir bidang Kebudayaan yaitu kegiatan pengenalan budaya memalui pertunjukan budaya. Aulia menyampaikan, kunjungan Pemprov NTB ke Malaysia dalam hal  Kerjasama antara Pemprov. NTB dan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia NTB, mempererat hubungan baik dengan Malaysia, meningkatkan pembangunan dibidang ekonomi dan memperkenalkan budaya NTB di Malaysia.

BACA JUGA  Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemprov. NTB dan UPSI akan dilaksanakan pada Senin 25 Februari besok yang akan langsung bertempat di UPSI yang beralamat di Tanjong Malim, Perak Darul Ridzuan 35900, Malaysia.

“Nota kesepahaman akan ditandatangani oleh Gubernur NTB, Zulkifliemansyah Prof Dato’ Dr Mohammad Shatar Sabran Wakil Rektor UPSI,” katanya.

UPSI adalah salah satu universitas di Malaysia yang didirikan pada 1 Mei 1997 melalui Surat Kerajaan P.U.(A) 132 dan 133, tanggal 24 Februari 1997, UPSI adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Malaysia. UPSI menawarkan 100 program sarjana, pascasarjana, doktoral dan jenjang spesial. UPSI masuk dalam daftar universitas terbaik di malaysia. Universitas ini memiliki beberapa fakultas di antaranya Bahasa, Seni dan Musik, Ilmu Kognitif dan Pengembangan Manusia, Sains dan Teknologi, Teknologi informasi dan Komunikasi, Bisnis dan Ekonomi, Ilmu Olahraga dan Ilmu Sosial dan Humaniora.

BACA JUGA  Jalalusayuthy Pembinaan di KKM MTsN 1 Loteng

Menurutnya, dengan diadakannya kesepakatan ini, Pemprov NTB akan membentuk kegiatan-kegiatan yang menunjang dalam kerjasama dalam aspek pendidikan, kebudayaan, kesenian dan pariwisata, salah satunya dengan kegiatan pengembangan sumber daya manusia melalui program pengiriman mahasiswa asal Nusa Tenggara Barat ke UPSI Malaysia, sehingga nantinya program ini akan menghasilkan sumber daya manusia NTB yang unggul dan berdaya saing.

Selain penandatanganan nota kesephaman di UPSI, lanjutnya rencananya gubernur akan melakukan beberapa kegiatan di Malaysia, diataranya mengadakan Pameran/Expo dekranasda, silaturrahmi dengan masyarakat rantau NTB di Malaysia, pertemuan dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana, menghadiri penandatanganan dokumen persefahaman antara posnaker BLKLN Provinsi NTB dan angkasa. (jho/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Utamakan Stabilitas, BI Tahan Suku Bunga

Read Next

Tugas Pathul Menangkan Prabowo-Sandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular