Guru Dituntut Terus Belajar

DOK/RADAR MANDALIKA H Sumum

LOTENG- Dinas Pendidikan Lombok Tengah menekankan untuk guru harus terus belajar mengembangkan potensinya. Sehingga kompetensi bisa semakin meningkat.

Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, H Sumum menuturkan, diharapkan guru mampu menjadi menjadi guru yang profesional serta berdedikasi. Hal ini akan membuat semua sadar bahwa peran guru itu sangat vital. Terutama dalam membentuk sumber daya manusia (SDM)  yang kamil atau insan yang cerdas dan komperhensif.

“Apalagi ditengah derasnya arus globalisasi di era melinial yang sangat cepat perubahannya,” tuturnya.

Menurutnya, guna mewujudkan itu semua, maka guru harus memiliki keinginan kuat serta mau berusaha lebih cepat dari siswanya. Terlebih untuk mengembangkan diri dari segala hal. Sudah seharusnya tidak boleh guru lelet lagi sehingga harus terus belajar guna menambah wawasan dan pengetahuan dalam segaka bidang. Sesuai dengan harapan pemerintah dan perintah agama.

BACA JUGA  Siswa Turut Sukseskan Parade Budaya

“Itu yang harus dilakukan, sehingga kemampuan guru tidak kalah dengan siswanya,” ungkapnya.

Terlebih Lombok Tengah dengan perkembangan pembangunan di bidang pariwisata yang sangat pesat. Disisi lain tantangan juga semakin besar. Untuk tetap mengajarkan dan menjaga siswa dari pengaruh luar, khususnya yang bertentangan dengan kearifan lokal.

“Disini kemampuan seorang guru harus ditunjukan,” tuturnya.

Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi, guru harus bisa belajar mandiri. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca buku-buku referensi. Selain itu,  diskusi rutin dalam Kelompok Kerja Guru (KKG/MGMP) untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam bidang pendidikan.

“Bahkan kalau ada seminar, workshop profesi juga diikuti,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sumum peningkatan kompetensi dapat pula melalui perkualiahan lanjutan S2 sampai dengan S3 dengan inisiatif sendiri.  Serta manfaatkan teknologi yang ada di genggaman seperti smartphone. Untuk menunjang profesi sebagai seorang guru dengan pengetahuan dalam segala bidang. (bam)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Pengin Jadi Hafiz Quran

Read Next

Belum Ada Laporan Peningkatan Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular