Investasi Pengolahan Ikan Masih Dibahas

DOK / RADAR MANDALIKA DILIRIK INVESTOR: Dermaga Labuhan Haji Lotim hingga saat ini menjadi lokasi bongkar muat bahan bakar omprongan. Kini dilirik perusahaan pengolahan ikan.

LOTIM – Dermaga Labuhan Haji Lombok Timur (Lotim), saat ini hanya dijadikan tempat bongkar muat bahan bakar minyak (BBM) non subsidi dan bahan bakar omprongan tembakau. Kemarin, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lotim, Ahmad Zaini menyebut, akan ada investor berinvestasi di Dermaga Labuhan Haji. Yakni PT Samudera Lestari yang bergerak di pengolahan ikan atau pembekuan ikan.

“Ada investor yang mau memakai dermaga. Apakah ini lampu hijau akan berlanjut ke penandatanganan MoU atau seperti apa, kami masih membahasnya,” kata Ahmad Zaini di gedung DPRD Lotim, kemarin.

Studi kelayakan perusahaan tersebut di Jakarta dan Lamongan sudah dilakukan. Dilihatnya, PT Samudera Lestari itu merupakan perusahaan bonafit. Tenaga kerja yang terserap di perusahaan pembekuan ikan hingga 700 orang.

BACA JUGA  Dari Kegiatan Safari Ramadan Pemda Lotim (1)

Jika positif berinvestasi di Dermaga Labuhan Haji, pemerintah Lotim dikatakannya tentu akan sangat bersyukur. Dermaga Labuhan Haji seluas 10 hektare ini akan terkelola.

“Sekarang, Labuhan Haji hanya mendatangkan PAD Rp 3 miliar. Jika dilihat dari nilai investasi sebesar Rp 27,3 miliar, mulai dari gedung, mesin pendingin dan lainnya. Ada banyak keuntungan akan diperoleh pemerintah. Bahkan bisa tiga kali lipat dari PAD yang didapat sekarang,” kata Zaini.

“Sekarang masih dalam pembahasan, mudahan berlanjut ke kontrak,” tegasnya.

Menurutnya secara aturan investasi, 80 persen tenaga kerja yang ada, berasal dari tenaga kerja lokal. Sisanya 20 persen, adalah tenaga ahli yang boleh berasal dari luar Lotim. “Sistem investasi apakah Bangunan Guna Serah (BGS) selama 25 tahun atau seperti apa, nanti kita lihat. Sebab masih sedang dibahas,” ujarnya.

BACA JUGA  Honorer Diberhentikan Sepihak 2013, Kini Diangkat Lagi

Selain survey telah dilakukan PT Samudera Lestari, Zaini mengklaim sejumlah pihak dari Malaysia yang bergerak dibidang kapal pesiar juga telah melakukan survey ke Dermaga Labuhan Haji. Mereka menawarkan akan menyewa dermaga untuk kapal pesiar. “Kita berdoa saja, dari banyaknya yang ingin memanfaatkan Dermaga Labuhan Haji, kita ambil yang terbaik untuk masyarakat dan daerah,” pungkasnya. (fa’i/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

BPNT Berubah Jadi Sembako Murah

Read Next

Pengawasan TKA Terkendala Anggaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular