Jaksa Akan Bantu Pemkab Loteng

JAYADI/RADAR MANDALIKA Ely Rahmawati

PRAYA-Kejaksaan Negeri (Kejari) Loteng akan membuat MoU dengan Pemkab Loteng dalam waktu dekat.  Mou itu terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Tujuan dari Mou ini, untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan penyelamatan atas keuangan serta kekayaan aset negara dan aset daerah. Serta menangani bersama penyelesaian masalah di bidang perdata dan tata usaha yang dihadapi, baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Kepala Kejari Loteng, Ely Rahmawati mengatakan, pihaknya dengan Pemkab akan meneken Mou guna penyelamatan kekayaan maupun aset daerah.  Hal ini sesuai dengan perintah dari Kejaksaan Agung pusat agar pihak kejaksaan membantu pemerintah daerah memulihkan keuangan negara dan aset.

“Setelah ada Mou itu, kami nanti akan membantu Pemkab dalam penertiban aset yang masih di pegang orang ketiga dan penagihan pajak juga,” tegasnya kepada media, Rabu lalu.

Kajari mengungkapkan, dengan adanya kerjasama ini nantinya akan sangat berguna sekali, karena kedepan pengamanan aset milik pemerintah daerah bisa berjalan secara komprehensif serta menertibkan administrasi aset – aset yang sudah ada. Selain itu, ini juga untuk memperjelas kepada masyarakat bahwa bagian dari aset pemerintah daerah yang harus diketahui oleh masyarakat secara luas.

BACA JUGA  Dukung Bidan Desa Jadi PNS

“Pada intinya dengan MoU ini kami dapat bertindak mewakili Pemkab kedepanya. Dengan dasar surat kuasa turunan dari MoU, semoga dapat memberikan manfaat kepada Pemkab di bidang perdata dan tata usaha nantinya,” ujarnya. 

Menurutnya, selama ini pihaknya melihat  banyaknya gugatan secara perdata dan dinamika permasalahan aset di Loteng.  Sehingga memang sangat perlu kiranya dilakukan penyelesaian pengamanan aset melalui kerjasama dengan Kejaksaan. “Kami akan sebagai mitra daerah dalam penyelesaian masalah hukum. Semoga semua aset nantinya bisa diselamatkan,” ucapnya.

Ditambahkan,  pihaknya sangat harapkan dengan peran serta pihak Kejaksaan ini,  tentu akan sangat membantu pemerintah daerah. Sebab, selama ini pemerintah yang menjalin kerjasama dengan jaksa sungguh membuahkan hasil yang bagus. Salah satu contohnya di Mataram, berhasil menagih pajak untuk perhotelan yang jumlahnya sangat besar sekali. 

BACA JUGA  Bantu UKM Dalam Akses Permodalan

Sementara itu, Bupati Loteng, H Moh. Suhaili FT berharap terjalinnya kerjasama nantinya akan meningkatkan kualitas, bukan saja administrasi pencatatan, tapi secara umum kualitas pembangunan di Loteng.  Pasalnya dengan aset yang tercatat secara jelas dan detail akan membantu pemerintah daerah dalam rangka menentukan langkah-langkah dan juga program-program pembangunan lainnya.

“Program – program pembangunan ini juga terkait dengan aset-aset vital  harus dilakukan. Jangan sampai nanti mendapatkan permasalahan hukum dikemudian hari, karena sudah banyak contohnya aset kita yang bermasalah,” tegasnya.

Suhaili mengaku, kerjasama ini juga diharapkan bisa berlangsung dengan baik, cepat dan tentu saja secara komprehensif serta berkesinambungan sehingga akan bisa menertibkan aset-aset Kabupaten Loteng yang selama ini masih ada beberapa yang belum teridentifikasi dengan jelas.

 “Ini akan sangat membantu kita dalam melindungi segala aset daerah kita,” tegasnya. (jay/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Pelaku IKM Diberikan Pelatihan

Read Next

Baru 1.165 Guru Dinyatakan Kompeten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular