Kades Ungga Diminta “Copot Seragam”

ORASI: Puluhan warga Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya kembali berdemo di kantor desa setempat, kemarin. ( TARNADI/RADAR MANDALIKA )

PRABARDA—Sejumlah warga Ungga kembali mendatangi kantor desa, kemarin. Kedatangan warga keempat kalinya ini menuntut Kades mundur dari jabatannya. Sebab warga menuding kebijakan Kades yang baru-baru ini menjabat melanggar norma hukum.

“Pemkab juga harus mengambil tindakan tegas kepada Kades Ungga, Suasto Hadiputro Armin. Ini sesuai yang disampaikan BPD melalui keputusannya belum lama ini. Jika tidak, konflik horizontal akan terus terjadi,” ujar Korlap Aksi, Bukran.

Sementara Ketua Forum Peduli Masyarakat Desa, Apriadi Abdi Negara menjelaskan, kebijakan Pak Kades memberhentikan sejumlah Kadus beberapa waktu lalu tidak jelas melanggar regulasi. Baik Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014, PP nomor 83 thn 2015, Permendagri nomor 67 tahun 2017, Perda nomor 1 tahun 2016 maupun Perbup nomor 43 tahun 2018, termasuk surat edaran yang dilayangkan Bupati kepada semua Kades beberapa waktu lalu. Atas dasar itulah, warga meminta Kades agar mundur dari jabatannya.

“Kami sebenarnya mau menyelesaikannya baik-baik, tapi Pak Kades tidak pernah ada itikad baik,” sebutnya.

Terpisah, Kades Ungga, Suasto Hadiputro Armin yang dikonfirmasi via telepon mengaku ogah menghiraukan tuntutan segelintir warga yang demo tersebut. Sebab keputusannya memberhentikan sejumlah Kadus tersebut, dikeluarkan bukan atas keinginan pribadinya melainkan desakan dari masyarakat.

BACA JUGA  Penanggulangan Kemiskinan Butuh Data Valid

“Kalau mau keberatan, silakan selesaikan sesuai mekanisme hukum yang berlaku,” tantang Suasto.

Atas alasan pemecatan juga kata dia, sudah disampaikan kepada DPMD yakni untuk menstabilkan keamanan dan roda pemerintahan di desa. Sehingga ia menilai hal tersebut tidak bisa dikatakan melanggar aturan yang berlaku. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Berdayakan Potensi Masing-masing Dusun

Read Next

Bidik MAN Insan Cendikia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular