Karnaval Budaya di Selong Belanak Meriah

START: Salah satu kontingen peserta karnaval budaya dalam rangka memeriahkan festival pesona Bau Nyale di Desa Selong Belanak mengenakan pakaian adat Sasak, Sabtu (23/2). ( TARNADI/RADAR MANDALIKA )

PRABAR—Karnaval Budaya dalam peringatan Event Bau Nyale juga digelar di sejumlah desa di Lombok Tengah. Salah satunya Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat. Selain Karnaval Budaya, berbagai hiburan juga ditampilkan untuk menghibur masyarakat.

Ketua Panitia Festival Pesona Bau Nyale Desa Selong Belanak, Lalu Sayuti mengungkapkan, karnaval tahun ini menurutnya lebih meriah dari tahun sebelumnya. Ini terlihat dari jumlah kontingen yang ikut karnaval yakni mencapai 25 kontingen. Bahkan, semua kontingen menampilkan ciri khasnya yang berbeda-beda.

“Tapi karnaval tahun ini hanya untuk memeriahkan, tapi tidak dilombakan,” ujarnya.

Dikatakan Sayuti, dalam meramaikan pesta rakyat Bau Nyale kali ini, sebenarnya panitia dan Pemdes ingin menampilkan banyak rangkaian acara. Namun, rencana itu urung dilakukan karena minimnya dana.

BACA JUGA  Pemdes Saba Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

Hal senada dikatakan Kades Selong Belanak, Lalu Yahya. Kata dia, gelaran Karnaval Budaya ini untuk kali ketiga setelah dirinya menjabat Kades 2016 lalu. Akan tetapi, untuk tahun ini dilaksanakan hanya untuk memeriahkan saja. Namun peserta karnaval, bukan hanya dari Selong Belanak, juga dari beberapa desa tetangga, seperti Desa Mekar Sari, Kateng, Bonder, Kateng dan desa lainnya di Kecamatan Prabar.

“Pesertanya dari murid sekolah dan madrasah, makanya jadi nampak meriah,” katanya.

Ditambahkan Yahya, selain Karnaval Budaya, Pemdes juga menghadirkan beberapa hiburan. Pada Sabtu Malam menghadirkan pentas seni Drama Marong dan pada acara puncaknya, Minggu malam menampilkan Band Maik Meres. Kedua hiburan tersebut lanjut mantan Sekdes ini, ditampilkan di lokasi penyalek (tempat tangkap Nyale, Red) Pantai Selong Belanak. Harapannya, agar pergelaran pesta rakyat ini terfokus disatu tempat. Selain itu, dalam event Bau Nyale kali ini, juga diikuti sejumlah wisatawan mancanegara. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Calon Kades Duman Menang di PTUN

Read Next

Jokowi Dinilai Permainkan PPDI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular