Kemenag Serahkan Soal USBN ke Disdik

PENYERAHAN: Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah, H Hariyadi Iskandar didampingi Kasi Pendidikan Agama Islam (PAI), Muh Azudin saat menyerahkan soal USBN ke Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Lombok Tengah, L Muh Hilim di aula Kemenag Lombok Tengah, kemarin. ( BAMBANG/RADAR MANDALIKA )

LOTENG—Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah akhirnya menyerahkan master soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) kepada Dinas Pendidikan Lombok Tengah, kemarin. Master soal tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Lombok Tengah, H Hariyadi Iskandar yang didampingi Kasi PAIS, Muh Azudin kepada Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Lombok Tengah, L Muh Hilim.  

“Master soal yang diserahkan ini harapannya bisa digunakan dengan baik untuk kepentingan ujian nantinya,” tutur Hariyadi usai penyerahan di aula Kemenag, kemarin.

Dijelaskan, master soal USBN PAI tersebut disusun dengan melibatkan guru PAI se Lombok Tengah. Bahkan untuk menjadikan soal yang berkualitas penyusunan didampingi tim dari pemerintah pusat serta Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kualitas soal PAI yang lebih baik. Upaya ini, lanjut Hariyadi, juga bertujuan untuk meningkatkan model pembelajaran PAI sehingga bisa semakin lebih baik. Sebagai pengawal penguatan pendidikan karakter di sekolah. Di samping itu, pihaknya juga berharap untuk ke depan pelaksanaan ujian baik itu ulangan semester ataupun ujian lain hendaknya berbasis komputer.

“Saya kira guru PAI juga harus mampu bersaing ditengah perkembngan era teknologi 4.0 seperti saat ini,” harapnya.

Sementara itu, Kasi PA, Muh Azudin menambahkan, bahwa proses penyusunan dan perakitan soal PAI melalui beberapa tahapan. Diantaranya, guru PAI menyiapknn soal sesuai kisi-kisi yang dibutuhkan, kemudian dianalis bersama guru PAI. Sedangkan hasil dari analisis tersebut, yang kemudian dibawa ke tingkat provinsi untuk dikaji ulang. Setalah melalui proses itu, baru kemudian soal disusun dan dirakit.

BACA JUGA  Kabid Penmad Motivasi Siswa Baru MAN 1 Lotim

“Alhamdulillah hari ini kita bisa serahkan yang disaksikan langsung oleh seluruh ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) serta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI se Lombok Tengah,” terangnya.

Sementara itu, mewakili Dinas Pendidikan Lombok Tengah, Kasi Kurikulum, L Muh Hilim mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Kemenag Lombok Tengah bersama dengan guru PAI. Terutama dalam bergerak cepat untuk mempersiapkan soal USBN. Dibandingkan dengan mata pelajaran (Mapel) yang lain, PAI merupakan yang pertama menyerahkan master soal yang sudah 100 persen siap digandakan. Karena diketahui untuk soal yang disusun, diantaranya 20 hingga 25 persen itu soal anchor dari tim pemerintah pusat, sedangkan sisanya 75 sampai 80 persen itu soalnya dibuat dan disusun oleh KKG atau MGMP.

BACA JUGA  Gedung SMAN 11 Mataram Dirancang Termegah

“Pelaksanaan USBN PAI untuk jenjnng sekolah dasar dimulai pada 22 April mendatang. Sedangkan untuk jenjang SMP akan berlangsung sejak 8 April,” pungkasnya. (bam)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kasus Mantan Kades Pengembur Dipending Hingga Pemilu

Read Next

Tak Bisa Lagi Akreditasi Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular