Kenaikan Harga Tiket Pesawat Berdampak pada UMKM

BATAM – Kenaikan harga tiket dan penerapan bagasi berbayar dapat menyebabkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) kesulitan.

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri akan mengkaji dampak harga tiket terhadap volume penerbangan serta dampaknya terhadap kegiatan ekonomi masyarakat Kepri.

“Kenaikan harga tiket ini sebenarnya dari Desember sudah mahal sekali. Secara kasat mata bandara saat ini sepi sekali,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putera, Senin (25/2) di Hotel Radison, Batam.

Memang dari segi inflasi, Januari masih lebih rendah dari Desember lalu. Yakni 2,7 persen berbanding 3 persen. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan jumlah penumpang maskapai penerbangan.

“Saya belum dapat angkanya. Tapi kenaikan harga tiket ditambah dengan bagasi berbayar berdampak pada UMKM,” paparnya.

BACA JUGA  Januari 2019, Gadai Prima Tumbuh 25,03 Persen

Karena harga bagasi lebih mahal daripada harga souvenir oleh-oleh, maka banyak orang yang berkunjung ke Batam tidak membeli oleh-oleh.

“Jadi sekarang orang yang datang dan keluar lebih banyak orang yang bertugas dinas dan kantor saja. Kalau untuk orang-orang yang ingin liburan terkena dampak,” ucapnya.

Gusti mengatakan kenaikan harga tiket pesawat dan bagasi berbayar ini telah menjadi perhatian tim pengendali inflasi daerah (TPID) Provinsi Kepri.

Sehingga anggota TPID seperti Gubernur dan Walikota telah mengirimkan surat kepada Presiden agar meninjau ulang kembali kebijakan ini.

Kebijakan ini merupakan kebijakan pemerintah pusat dan harus ditinjau ulang karena berdampak pada sektor pariwisata. Dari angka penumpang yang masuk, Gusti mengatakan dari Desember 2018 ke Desember 2017 mengalami penurunan sekitar 15,62 persen.

BACA JUGA  Fortuner Tampil Lebih Modern

“Ini merupakan dampak dari kenaikan harga tiket. Dan mudah-mudahan tidak berlanjut. Nanti akan dianalisa dampaknya,” ucapnya.(leo/r04)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Aik Darek Rawan Kecelakaan, Pemkab Diminta Bersikap

Read Next

Penurunan Jabatan Hindari Nepotisme Kekuasaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular