Mari, Sukseskan Pilkada Mataram 2020

IST/RADAR MANDALIKA KOMPAK: Pemukulan gong sebagai tanda komitmen untuk mensukseskan Pilkada 2020 pada acara AGHT, di Mataram, kemarin.

MATARAM – Tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) seretak 2020 di tujuh kabupaten/kota di wilayah NTB tinggal menghitung hari. Salah satu daerah yang akan menggelar kontestasi politik tahun depan yaitu Kota Mataram.

Gelaran pesta demokrasi lima tahunan di Ibu Kota Provinsi NTB itu juga nantinya diharapkan berjalan lancar dan sukses. Pilkada dihajatkan untuk kepentingan masyarakat. Tanpa sedikit pun adanya kecurangan, gesekan sosial atau konflik di tengah masyarakat karena perbedaan pilihan.

Guna mewujudkan Pilkada serentak 2020, Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB menggelar acara rencana aksi peningkatan harmonisasi penegakan hukum guna “Antisipasi Ancaman, Ganguan, Hambatan, dan Tantangan (AGHT) Pada Pilkada Serentak 2020 di NTB” di Hotel Golden Palace Mataram, kemarin. Acara ini diadiri langsung oleh Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana dan Wakil Kepala Kejati NTB, Dr Anwarrudin Sulistiono.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, M Husni Abidin, Ketua Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri, Kasubdit Cegah dan Tangkal, Pengawasan Orang Asing dan Pengamanan Sumber Daya Organisasi pada Direktorat A JAM Intelejen, I Dewa Gede Wirajana, Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) NTB, jajaran Pemkot Mataram, camat dan lurah se Kota Mataram, tokoh agama, masyarakat serta perwakilan mahasiswa.

BACA JUGA  Semua Tambang Illegal Ditutup

Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kejaksaan karena berinisiatif menggelar acara menjelang Pilkada serentak 2020. Sehingga dapat memfasilitasi semua pihak untuk bertemu dalam rangka mengantisipasi kerawanan politik yang mungkin saja terjadi. Dalam Pilkada 2020 mendatang agar semua pihak merasa ikut terlibat dalam menyukseskan pesta demokrasi itu.

Lebih lanjut Mohan menyampaikan, kegiatan ini bisa memastikan kegiatan pilkada 2020 bisa berjalan dengan kondusif dan memiliki dampak yang positif kepada masyarakat.

“Ikhtiar ini tidak lain bahwa dalam rangka kita memastikan peristiwa politik itu bisa berjalan dengan kondusif, bisa berjalan dengan aman, kemudian juga penuh dengan suka cita,” ucapnya saat memberikan sambutan.

BACA JUGA  Penyelenggara Pemilu Bekerja Sesuai Aturan

Dalam pesta demokrasi, bukan hanya melulu soal bagaimana mendapat kekuasaan. Apalagi dijadikan rutinitas biasa dalam lima tahun sekali. Akan tetapi, sebenarnya lebih dari itu. Poin yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana memberikan proses penyadaran kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam proses Pilkada sesuai peraturan perundang-undangan. Sehingga Pilkada dapat berjalan lancar dan berkualitas.

“Lebih penting dari itu bagaimana peristiwa politik bisa memberikan nilai-nilai positif dan edukatif kepada masyarakat,” kata Mohan.

Sementara itu, Wakil Kepala Kejati NTB, Dr Anwarrudin Sulistiono berharap para peserta yang hadir dalam kesempatan acara itu dapat memetik bagaimana gambaran mengenai panduan hal-hal yang harus diperhatikan selama Pilkada. Dengan demikian, potensi yang bisa menciderai proses Pilkada dapat diatasi dan diminimalisir dengan baik.

“Sehingga semua potensi kerawanan yang mungkin terjadi bisa terselesaikan dengan baik. Bila perlu tidak usah sampai ke penyelesaian pidana,” pesannya.

Dia menegaskan, bahwa lancarnya proses pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwakot) Mataram 2020 mendatang tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Termasuk unsur masyarakat, unsur pemerintah setempat serta pihak terkait lainnya. (cr-zak)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Gelar Operasi Katarak Selama Tiga Hari

Read Next

SAMPALA Satukan Hijauku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular