Menteri Susi Akan Resmikan Desa Wisata Bahari

CEK LOKASI: Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Moh Suhaili FT saat mengecek lokasi Desa Bilelando yang akan dijadikan desa wisata bahari, kemarin. ( IST/RADAR MANDALIKA )

PRAYA-Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dijadwalkan akan meresmikan Desa Bilelando, Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah Minggu (17/2) mendatang sebagai desa wisata bahari.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Loteng, HL Herdan mengungkapkan, selain pelaksaan kegiatan pembukaan event pesona bau nyale Minggu (17/2), menteri Susi juga akan ke Desa Bilelando.

“Sekarang kami sedang melakukan persiapan di Desa Bilelando.  Bahkan hari ini (kemarin, Red) Bupati sudah turun ke lokasi untuk melihat persiapan kedatangan ibu menteri,” terangnya kepada awak media, kemarin.

Kata Herdan, Desa Bilelando memang sangat cocok menjadi desa wisata bahari. Hal ini karena, di wilayah tersebut terkenal dengan pantai Kelongkong. Dimana, banyak wisatawan memilih ke pantai itu sebagai tempat yang lebih menarik.

“Suasana pantai itu juga sangat mempermudah para wisatawan untuk turun ke pantai menikmati secara langsung, melihat para nelayan menangkap ikan dengan perahu,” ceritanya.

Hal lain termasuk panorama pantai ini yang membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di lokasi tersebut. Apalagi, saat sore hari para wisatawan bisa langsung dimanjakan dengan keindahana pancaran matahari yang hendak tengelam.

BACA JUGA  Wagub Rohmi Sidak Takjil

“Intinya desa ini sangat beda dengan desa lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT menyampaikan, pihaknya akan terus mendorong pemerintah desa dan masyarakatnya untuk mengembangkan potensi desa wisata dengan menonjolkan keunggulan wilayahnya.  Sebab, ini didorong karena setiap desa memiliki potensi dan sejarah serta kekayaan alam yang bisa dijual ke wisatawan. Buktinya, sejumlah desa yang sekarang menjadi desa wisata terbilang sukses.  Baik meningkatkan perekonomian masyarakat maupun memberikan pendapatan bagi desa itu sendiri.

“Jumlah desa yang menjadi desa wisata sekarang sudah 62 desa. Saya inginkan agar semua desa menjadi desa wisata ke depanya,” harap bupati.

Bupati menyampaikan, saat ini Pemkab Loteng terutama NTB khususnya sedang fokus berupaya mengembangkan potensi daerah. Salah satunya di sektor pariwisata. Menurut dia, banyak potensi desa yang perlu dikembangkan menjadi desa wisata sehingga menambah destinasi wisata baru.

BACA JUGA  Oknum Mahasiswi Buang Bayi ke Tempat Sampah

“Di Lombok Tengah ini banyak potensi wisata alam yang baik untuk dieksplorasi. Tinggal sekarang Pemdes setempat yang harus berkreasi untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Menurut bupati, pengembangan desa wisata, tidak hanya menyajikan keindahan panorama alam, tetapi bagaimana memaksimalkan pengembangan potensi yang dimiliki oleh desa. Misalnya saja, di desa itu memiliki keunikan khas yang tidak dimiliki desa lain. Keunikan itu harus dikemas lebih menarik dan dipromosikan kepada para wisatawan.  Sebab, ke depanya desa wisata yang mempunyai keunikan menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan.

“Kebanyakan wisatawan, khususnya mancanegara lebih senang mengunjungi dan menikmati suasana pedesaan,” tuturnya. (jay/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Sangkal Pejabat Keluar Daerah Jalan-jalan

Read Next

Sekda NTB Akan Diganti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular