Mutasi Terkesan Ada Kepentingan

IST/Radar Mandalika LANTIK: Sekda Lombok Utara H Suardi saat melantik pejabat eselon II, Selasa lalu.

KLU–Gelombang mutasi yang terjadi ditubuh birokrasi minggu-minggu ini mendapat sorotan sejumlah pihak. Mutasi yang dilakukan dua kali dalam sepekan ini mendapat tanggapan beragam. Banyak yang menilai mutasi didorong oleh kepentingan jelang Pilkada. Ada juga yang menilai penempatan pejabat mutasi tidak sesuai kemampuan dan basic pejabat tersebut.
“Tentu kita bertanya, ada apa harus melakukan mutasi besar-besaran. Ini tentu terkesan ada kepentingan,” ujar Ketua LUCW Lombok Utara, Adam Tarfiin.

Menanggapi opini yang berkembang soal persoalan mutasi yang sudah berjalan tersebut, Sekda Lombok Utara H Suardi angkat bicara. “Jangan dinilai macam-macam lah. Intinya mutasi yang dilakukan sudah sesuai aturan, dan itu sesuai kebutuhan,” tegas Suardi, kemarin (9/1).

Suardi menegaskan, mutasi tersebut murni penyegaran. Itu sesuai kebutuhan organisasi dan hasil evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya. “Itulah hasil akhirnya (evaluasi),” sambung dia. 

BACA JUGA  Pemda KLU Peringati Hari Kartini


Dirinya memang tidak bisa mengintervensi jika masyarakat menilai mutasi itu ada kaitannya dengan kepentingan Pilbup 2020. Hanya saja, mutasi saat itu juga dilakukan bersamaan dengan Lombok Tengah dan Kota Mataram. 

“Silakan berpendapat, tapi yang jelas ini untuk kepentingan organisasi,” jelas dia.

Perihal bupati yang ke luar daerah sehari sebelum mutasi eselon II, kata Suardi, itu bukanlah persoalan. Sebab Bupati Lombok Utara sudah mendelegasikan pengukuhan dan pelantikan pada dirinya. 

“Saya melakukan perintah dan itu sudah sesuai aturan,” tandas dia. 

Sedangkan untuk posisi yang kosong, seperti jabatan Kadis Pertanian, Kadis PUPR, dan beberapa jabatan eselon III lainnya itu menjadi ranah BKD untuk menjalankan proses pansel sesuai aturan. Perihal kapan akan diisi (pansel), ia meminta semua pihak menunggu. “Kapan itu, intinya segera kita lakukan,” ujarnya. (dhe/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Pengawasan TKA Terkendala Anggaran

Read Next

Staf Ahli Bukan Jabatan Buangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular