OPD Dinilai Belum Bekerja di Lapangan

HM Sukiman Azmy ( IST / RADAR MANDALIKA )

LOTIM – Desember 2018 lalu, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lombok Timur (Lotim), sudah ditetapkan bersama DPRD Lotim. Sejak anggaran disahkan, mestinya sudah langsung bisa bekerja.

Tapi faktanya hingga Februari ini, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy melihat belum ada satu pun aktivitas lapangan dikerjakan kepala Organisasi Perangkat Derah (OPD). “Harusnya, seluruh OPD sudah melakukan tugas dan tanggungjawab masing-masing. Sehingga, per Januari sudah mulai lelang, atau pun aktivitas lainnya,” tegas Sukiman.

Kendati terlambat kata Sukiman, baginya itu tak harus menjadi halangan untuk terus membangun daerah ini. Ingat ucap Sukiman, masyarakat sudah lama menunggu jalan-jalan yang mulai rusak untuk diperbaiki. Karena Infrastruktur merupakan proritas dalam kehidupan.

BACA JUGA  Anggaran 2020 Fokus Peningkatan SDM

Jika Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dana Tugas Perbantuan (TP) dan lainnya yang bisa disegerakan, lakukan percepatan. Apa yang menjadi proritas, segera selesaikan.

“Jangan menunda-nunda lagi, jangan berpangku tangan, apalagi berleha-leha. Manfaatkan jam kerja dengan baik,” pintanya.

“Tugas kita mengakomodir kepentingan masyarakat secara menyeluruh,” imbuhnya.

Dari sekian jumlah prioritas pembangunan, tak kalah penting bagaimana tetap berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), melalui peningkatan kualitas dan layanan kesehatan. Termasuk diantaranya, menurunkan kasus gizi buruk dan stunting. Meningkatkan kualitas dan intervensi pelayanan kesehatan, salah satu cara menurunkan stunting tersebut.

SDM menjadi bagian prioritas pemerintah, karena prihatin melihat Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang masih menempati ranking 8 dari 10 kabupaten/kota di NTB. Demikian juga Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Lotim masih memprihatinkan, masih berada di nomor paling bawah atau nomor 10 se-NTB. “2020 nanti, Lombok Timur harus naik. Ini tugas semua aparat pemerintah, mengatasi semua masalah yang ada,” pungkasnya. (fa’i/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Honda Optimis Berada Pada Urutan Kedua

Read Next

Pansus Dalami Penjualan Asrama Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular