Parkir Bodong Segera Disikat

WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA TIKET: Tiket Parkir di pintu masuk kawasan Senggigi.

LOBAR–Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat (Lobar) akan segera menertibkan sejumlah parkir tak berizin di kawasan objek wisata. Menyusul adanya rilis pihak Ombudsman terkait dugaan pungutan liar (Pungli) kawasan pintu masuk objek wisata yang melalui lahan pribadi. Sebab tidak ada dasar hukum dalam melakukan pungutan.

“Ini sudah dibahas dengan pak Sekda dan para Asisten,” ungkap Asisten II Setda Lobar, Hj Lale Prayatni.

Sebab tidak dipungkiri dampak parkir tak berizin itu sangat berpengaruh kepada Penapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak parkir. Mengingat tidak ada izin yang dikeluarkan pihak Pemkab terhadap para pengelola parkir liar itu. Terlebih lagi, nominal tarif parkir yang dipungut tidak sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang sudah mengatur.

BACA JUGA  Indahnya Toleransi Antar Umat Beragama di Lobar

“Karena Pajak terkait itu (Parkir) sudah ditetapkan. Nah itu (pajak liar) bisa masuk potensi pajak atau retribusi,” jelasnya.

Menurutnya penertiban itu nantinya tidak hanya akan dilakukan di kawasan Wisata Senggigi saja. Namun juga dikawasan Sekotong tidak luput dari penertiban.

Berbeda dengan lokasi wisata, di sejumlah parkir didepan ruko pusat berbelanjaan diklaim oleh Lale sudah terdata. Bahkan sudah ada penujukan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Lobar bagi juru parkir yang nantinya akan menyetorkan kepada Dishub.

Berdasarkan pantau koran ini memang terdapat beberapa objek wisata yang pungutan parkirnya dilakukan masyarakat. Nominalnya pun yang ditarik dari Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Bahkan tidak ada karcis yang menerangkan pengeloaannya dikerjasamakan oleh pihak Dishub Lobar. Sejauh ini parkir yang sudah dikerjasamakan oleh Dishub Lobar berada di kawasan Pantai Senggigi. Dimana nominal yang ditarif mencapai Rp 5 ribu. (win)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Jelang HPN 2020, Panitia Merapat ke KemenkumHam

Read Next

Cara KSM Gempal Peduli Soal Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular