PD BPR NTB Loteng Sabet Dua Penghargaan

DOK PRIBADI FOR RADAR MANDALIKA PENGHARGAAN: Dirut PD. BPR NTB Loteng, Ria Prayuniarti SP usai menerima penghargaan Golden Awards dari Infobank, belum lama ini.

PRAYA-Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD. BPR) Nusa Tenggara Barat (NTB) Lombok Tengah berhasil meraih penghargaan dari Infobank atas prestasinya. BPR Loteng dinilai berhasil sebagai perbankkan yang kinerjanya dalam pengelolaan keuangan sangat bagus selama empat tahun berturut-turut. Terhitung 2014 hingga 2018.

Tidak hanya itu, perusahaan portal berita Nasional yang mengulas seputar perbankan dan keuangan dengan keunggulan analisis yang berdiri pada 1997 ini, juga menganugrahkan PD. BPR NTB Loteng sebagai perbankkan yang sangat bagus atas kinerja keuangannya selama 2018. Kedua penghargaan tersebut diterima Agustus lalu di Jakarta.

Direktur Utama PD. BPR NTB Loteng, Ria Prayuniarti mengatakan, kedua penghargaan tersebut merupakan bagian dari penilaian rasio keuangan yang selama ini berlaku di PD BPR NTB Loteng. katanya, tentu ini sebuah prestasi namun perlu dijadikan bahan evaluasi dan memacu kinerja jajarannya untuk terus lebih baik ke depan.

Selain itu, untuk 2019 jika dilihat dari sisi aset, pada triwulan ke tiga tahun ini, PD. BPR NTB Loteng berada pada posisi kelima dari PD BPR dan BPRS di NTB dengan jumlah BPR/BPRS sebanyak 32. Dimana juga, PD. BPR NTB Loteng mampu mencapai rasio perolehan laba tertinggi atau Rasio Profitabilitas Bank (ROA) sejumlah 8,5 persen. Itu berdasarkan laporan publikasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama triwulan ketiga.

BACA JUGA  Kader Posyandu Dapat Pelatihan

“Di sini kita memang laba tinggi selama ini.   Dari modal sampai saat ini sebanyak Rp 145, 5 miliar, kita mampu genjot perolehan laba sebanyak Rp 6,79 Miliar dengan rasio ROA sampai 8 persen,” bebernya.

Dari berbagai capaian laba tinggi tersebut tambahnya, pihaknya hanya mengeluarkan biaya operasional (BOP) sejumlah 62 persen saja. Hal ini menunjukkan bahwa rekom efesiensi dalam pengelolaannya terwujud. Sehingga hal ini menjadikan PD. BPR NTB Loteng masuk dalam bank PD. BPR se-NTB yang cukup efesien dalam pengelolaan BOP. Tidak hanya itu lanjutnya, menurut penilaian Tingkat Kesehatan Bank (TKS) juga, PD. BPR. NTB Loteng juga dikategorikan sebagai bank yang sangat sehat dalam pengelolannya. Tentu ini semua akan menjadi support ke depan agar pihaknya dalam menjalankan perkreditan menjadi lebih baik lagi. Terutama agar bisa terus menghasilkan laba tinggi setiap tahunnya. Karena dengan mendapat laba yang tinggi, PD. BPR NTB Loteng sudah bisa memberikan deviden yang lebih tinggi juga kepada pemilik saham dalam hal ini Pemkab Loteng dan Pemprov NTB.

BACA JUGA  Masyarakat Pertanyakan Harga Lahan Bypass

Sementara itu, demikian juga dampaknya bisa meningkatkan PAD daerah mulai tahun depan. “Untuk 2018, pemberi deviden tertinggi di antara PD. BPR NTB yang ada di NTB, itu Loteng. Untuk Pemprov sebesar Rp 2,5 miliar dan Pemkab sebesar Rp 1,938 M,” jelas Ria kepada Radar Mandalika di kantornya.

Dia menegaskan, agar capaian terus meningkat, laba hingga akhir 2019 ia targetkan sekitar Rp 10 M. Sehingga dipastikan deviden bisa mencapai Rp 5 miliar. Karena sesuai aturan yang berlaku, setengah dari jumlah laba itu akan menjadi deviden. Terhadap target tersebut katanya, ia optimis bisa tercapai. Sebab, dari evaluasi pihaknya, tanda-tanda untuk pencapaian target tersebut sudah terlihat. Lebih dari itu juga, target tersebut ia pasang agar pemilik saham juga tidak sia-sia menggelontorkan dana penyertaan modal. Terlebih pada 2019 ini, untuk dana pembinaan PD. BPR NTB Loteng yang berjumlah masing-masing 3 persen yang diserahkan ke pemilik saham, Pemkab Loteng kembali mengarahkan penggunaannya untuk peningkatan kapasitas Building SDM pengelola BPR Loteng.

“Prestasi yang dicapai dan penghargaan yang diberikan ini buah dari kerja kolektif kami dari unsur pemilik saham, pengurus dan segenap karyawan semua cabang. Ini sebagai tantangan dan amanah bagi kami untuk terus menjalankan, mempertahankan dan meningkatkannya ke depan,” tutupnya. (adv/tar/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Muhsinin Paling Terbaik

Read Next

Pelayanan PLN Paling Buruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular