Pelaku IKM Diberikan Pelatihan

JAYADI/RADAR MANDALIKA M Ihksan

PRAYA—Menyambut hadirnya MotoGP 2021 di KEK Mandalika. Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah (Loteng) memberikan pelatihan kepada para pelaku industri kecil menengah (IKM).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Loteng,  M Ikhsan mengatakan, pelatihan diberikan agar hasil yang dikeluarkan dari IKM bisa menjadi ikon bagi perhelatan MotoGP.  Karena pihaknya berencana hasil produk warga ini bisa menjadi cendra mata bagi para tamu yang datang untuk menonton kegiatan balap motor itu. Bila produk IKM itu bisa menjadi cendra mata maupun oleh –oleh pada perhelatan itu.  Tentu produk IKM warga akan terkenal maupun terbantu dalam pemasaran.

“Kita ingin harus ada dari sekian banyak produk IKM kita saat ini, harus ada yang menjadi ikon saat MotoGP nanti,” katanya kepada media, kemarin.

BACA JUGA  Akan Helat Festival Kuliner

Ihsan mengaku, saat ini wilayah Loteng sudah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas produk IKM yang sangat unggul, disatu sisi pihaknya melihat bahwa tenaga kerja di daerah itu juga masih sangat tinggi. Sehingga akan sangat mampu untuk mensuplai kebutuhan dari para pengunjung itu.

“Jadi kita usulkan untuk berkolaborasi dengan managemen MotoGP agar kedepan siapapun yang datang menonton bisa mendapatkan cendramata dari produk IKM kita ini,” harapnya.

Disampaikan bahwa hal ini penting dilakukan agar dengan adanya perhelatan MotoGP ini membawa keuntungan besar bagi para pelaku UKM dalam meningkatkan perekonomian mereka, karena tidak bisa dipungkiri juga bahwa selama ini banyak wisatawan yang sangat senang dengan cendramata khas yang ada di daerah itu.

BACA JUGA  Sentra Alang-alang Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata

“Kalau hasil produk IKM ini bisa masuk, maka akan sangat bagus bagi pengembangan IKM kita nantinya. Makanya untuk memulai itu, saat ini selain berkoordinasi dengan pihak ITDC tapi kita juga sedang gencar untuk memberikan pelatihan,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap agar instansi terkait seperti Disnakertrans lebih gencar memberikan sertifikasi terhadap para tenaga kerja agar kedepan bisa lebih perofesional. Sehingga nantinya produk yang dihasilkan juga bisa lebih unggul dan mampu bersaing dengan produk dari daerah lain.

“Kalau untuk jumlah stok cendramata ini kita bisa buatkan ada sorum khusus atau ruang tersendiri. Dan saya rasa pelaku UKM kita juga akan mampu untuk memenuhi kebutuhan atau jumlah para penonton saat MotoGP nantinya,”tegasnya. (jay/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Proyek Terlambat Terancam Tak Dibayar

Read Next

Jaksa Akan Bantu Pemkab Loteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular