Pembangunan Fisik Harus Sesuai Kebutuhan

MANGKRAK: Pasar kuliner yang dibangun masa pemerintahan sebelumnya, hingga kini belum difungsikan. ( MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA )

LOTIM – Sejumlah proyek pembangunan pasar sampai saat ini tak difungsikan. Salah satunya pasar Los Dusun Serumbung, Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur (Lotim). Termasuk pasar kuliner Kelurahan Kelayu, Kecamatan Selong Lotim.

“Jangan membangun infrastruktur hanya untuk kesenangan masyarakat satu tahun,”

kata H Daeng Paelori, Wakil Ketua DPRD Lotim, kepada Radar Mandalika, kemarin.

Pembangunan pasar mestinya harus sesuai kebutuhan masyarakat. Seperti pasar kuliner Kelayu, tidak difungsikan karena bukan kebutuhan masyarakat setempat. Padahal, tidak kecil anggaran digelontorkan pemerintah untuk membangun pasar itu.

Meski anggaran pembangunan pasar itu bersumber dari pusat, tetapi tidak sesuai kebutuhan masyarakat daerah ini, agar tidak berbangga untuk mengambilnya. Jangan sampai menjadi masalah, seperti yang terjadi pada pembangunan pasar bersih Montong Beter. Pasar itu, tak diminati pedagang, sebab tidak sesuai dengan kultur masyarakat, serta konsepnya yang tertutup dan tempat gondolan pedagang sangat kecil.

BACA JUGA  Desak Kejaksaan Tuntaskan Kasus Alsintan

“Memang kita butuh dana pusat untuk bangun pasar. Tapi bila konsepnya tidak sesuai kebutuhan, lebih baik jangan diambil,” tegasnya.

Tahun ini ucap Paelori, pemerintahan Sukiman dan Rumaksi, konsen membangun sejumlah infrastruktur. Dana pembangunan infrastruktur ini, besar melalui dana percepatan. Diharapkannya, pembangunan infrastruktur tidak bersifat monumental. Pembangunan sekadar monumental, tidak saja merugikan daerah, tetapi tak bermanfaat pula pada masyarakat.

“Untuk apa membangun kalau sifatnya hanya monumental. Hanya bisa dinikmati setahun, setelah itu rusak. Justru itu namanya pemborosan anggaran,” tegasnya.

“Saya rasa kalau kualitas pembangunan bagus dan bermanfaat dalam jangka panjang, itu lebih baik,” pungkasnya. (fa’i/3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Mengikuti Latgab Paskibra Sekolah yang Dihelat PPI Lotim

Read Next

Penyeludupan 4.000 Butir Ekstasi Digagalkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular