Pemdes Pengin Dilibatkan

HAFIDZ/RADAR MANDALIKA PEMANDIAN: Inilah pemandian Aiq Bukak yang rencananya bakal ditata dalam waktu dekat.

Pemandian Aiq Bukak Dipihakketigakan

BKU—Pengelolaan pemandian Aiq Bukak bakal dipihakketigakan oleh Pemkab Lombok Tengah. Wacana ini pun ditanggapi santai Pemdes setempat. Sebab selama ini kewenangan pengelolaan pemandian tertua di Loteng itu masih oleh Pemkab Loteng, bukan Pemdes.

“Untuk urusan parkir saja dihendel Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan. Begitu juga untuk penataan dan areal jualan,” ujar Sekretaris Desa Aiq Bukak, Amrullah, kemarin.

Dari informasi yang diperoleh, penataan pemandian Aik Bukak akan menelan anggaran Rp 70 miliar. Namun Pemdes sendiri belum mengetahui penataan tersebut menyentuh apa saja.

“Entah lapaknya, rumah makan, outlet atau penjualan souvenir. Kita belum tahu. Tapi mudahan kita bisa ambil bagian nanti,” harapnya.

BACA JUGA  Sejak Dibuka, Ribuan Pendaki Naik Rinjani

Sementara Kepala Desa Aik Bukak, Hamdan berharap aset Pemda ini nantinya tidak hanya untuk kepentingan pihakketiga utnuk mengejar PAD semata. Sebab Pemdes juga berharap ada imbal balik dari pembenahan areal wisata pemandian Aiq Bukak ini ke depannya.

“Tidak bisa diperuntukkan hanya untuk kepentingan pihak tertentu. Makanya kita akan kawal pembangunan yang dibuat perusahaan atau pihak ketiga ini,” janjinya.

Terlebih jika memungkinkan, kata Hamdan, pihak ketiga ini harus bisa bersinergi dengan Pemdes. Nantinya Pemdes bakal menyiapkan sejumlah atraksi bagi wisatawan. Seperti peresean, wayang kulit, kelentang, gamelan, tari tradisional dan festival kuliner.

“Di tahun 2020 ini bahkan kita rencanakan buat rekor muri masak dan makan ikan bakar terpanjang dan terbanyak. Panjangngnya mencapai 2,4 kilometer dari Dusun Aik Bukak menuju Pengenem Lauq. Panitia siapkan 2 kwintal dan masing-masing kelompok ternak menyiapkan 5-10 kilogram ikan tawar bahkan lebih. Sehingga rekor MURI tembus. Kita bakal undang nanti sejumlah pejabat di Pemkab Loteng dan stakeholder terkait,” pungkasnya. (fiz)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Sisik Siapkan Atraksi Budaya

Read Next

Bank Sampah Sepakek Makin Maju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular