Pemprov Harapkan Akses Pemasaran ke Malaysia Terbuka

Kadis Disprindag NTB, Putu Selly Andayani. ( dok/radar mandalika )

MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) tengah meminta agar Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia yang ada di Malaysia untuk segera dibukakan akses pemasaran hasil komoditi holtikultura asal NTB seperti cabai.

Selain itu, bagasi yang berbayar tetap menjadi perhatian Pemprov NTB. Karena hal itu cukup memberatkan para petani dan pengusaha. Mereka tidak bisa melakukan pengiriman pasca panen sehingga harga cabai anjlok.

“Yah kita minta dibukakan akses untuk pemasaran hasil komoditi. Juga penurunan tarif bagasi yang sekarang berbayar,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan (Disprindag) NTB, Hj Putu Selly Andayani, kepada Radar Mandalika, Mataram, Selasa (26/2).

Alasannya, permintaan kepada Kedubes itu dilakukan lantaran para petani maupun pengusaha cabai di NTB belum menemukan siapa pembeli cabai mereka di luar negeri. Sehingga selama ini, komoditi cabai asal NTB sering dikirim ke daerah lain seperti Batam. 

BACA JUGA  Peluang Bisnis Jahe Merah Menjanjikan

“Mereka tidak tau siapa buyer di LN (Luar Negeri). Itulah yang harus diputus mata rantai perdagangan,” jelasnya.

Sementara pengiriman cabai ke Batam dinilai sangat merugikan NTB, sebaliknya hanya menguntuntung daerah Batam. Karena, dari Batam kemudian dikirim ke negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Di Batam itulah cabai tersebut dibuatkan Surat Keterangan Asal (SKA) barang yakni Batam. Dimana pengiriman ke luar negeri harus ada SKA barang.

“Nah kalau dari Batam ke LN (Luar Megeri), yang buat SKA nya, ya Batam. Jadi kita NTB dirugikan,” sebut Selly.

Ditanya SKA barang NTB? Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB ini mengaku sedang dalam proses jemput bola. Sementara tambahnya, produksi cabai di NTB mencapai ratusan ribu ton per tahun. “Untuk cabe produksi setahun 156 ribu ton,” tutup Selly. (cr-zak/r04)

Spread the love
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Honda Forza Tampil Mewah dan Canggih

Read Next

Mengenal Eli Sukmawati, Juara Tarung Derajat Se-Loteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular