Pendapatan Sektor Parkir Masih Bocor

MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA MASIH BOCOR: Salah satu tempat parkir bahu jalan di RSI Namira, yang dikelola Dishub Lotim. Pendapatan dari parkir diakui Dishub masih bocor.

LOTIM – Perparkiran menjadi bagian sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lombok Timur (Lotim). Parkir ini ada dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lotim. Kepala Dishub Lotim, Ahmad Zaini kemarin di Kantor DPRD Lotim, mengakui masih terjadi kebocoran PAD disektor perparkiran.

“Kebocoran di sektor perparkiran, akan kita luruskan,” janji Ahmad Zaini.

Dalam meningkatkan PAD dari perparkiran, tahun ini berbagai terobosan akan dilakukan. Mulai dari melengkapi petugas parkir dengan atribut, dan semua perparkiran menggunakan karcis. Termasuk, melakukan perbaikan administrasi, hingga akan uji petik melibatkan pihak terkait dalam kurun waktu tertentu. Untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan perparkiran di lapangan.

“Tahun 2019 kita dapat PAD dari parkiran Rp 650 juta. Mudahan tahun ini bisa naik. Kami tidak berjanji dengan target tertentu, tapi berjanji menaikkan PAD dari jasa parkiran,” ujar Zaini.

BACA JUGA  Cara Umat Islam Lotim Sambut Bulan Suci Ramadan

Sesuai aturan yang ada, lanjut dia, biaya parkir roda dua Rp 1000 dan roda empat Rp 2 ribu. Namun kalau terjadi penyelewengan karcis dan terindikasi Pungutan Liar (Pungli), pihaknya berjanji akan memberantas itu, dengan mengerahkan tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). “Kami sudah membangun kerjasama dengan tim Saber Pungli,” ujarnya.

Saat ditanya soal penurunan plang aturan besaran biaya parkir disejumlah tempat, seperti di Taman Rinjani Selong, Zaini justru mempertanyakan alasan mereka menurunkan plang. Demikian juga masih terjadinya penarikan biaya parkir yang tak sesuai aturan, pihaknya berjanji akan menyisir dan melakukan penertiban.

“Yang kami harap sekarang ini, banyak mendapat masukan dari masyarakat, untuk pembenahan dalam upaya meningkatkan PAD,” pungkasnya. (fa’i/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Pilkada Loteng, Ingin Buat Sejarah Baru

Read Next

BPNT Berubah Jadi Sembako Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular