Perina Programkan Penaludan

TARNADI/RADAR MANDALIKA Maroan Hamdi

JONGGAT– Pemerintah Desa (Pemdes) Perina, Kecamatan Jonggat pada termin pencairan Dana Desa (DD) ketiga punya program penaludan. Penaludan saluran drainase dan penaludan lapangan desa.

“Dua titik kita talud ditermin ketiga ini dik,” ujar Kades Perina, Maroan Hamdi, kemarin.

Dikatakan Maroan bahwa, adapun dua titik yang ditalud ini ialah saluran irigasi tersier Di Dusun Perina Lauk dengan panjang sekitar 100 meter dan dengan dana sekitar Rp 60 juta lebih. Pada program ini katanya, Pemdes buat baru karena memang sebelumnya tidak pernah ditalud. Sehingga agar menyaluran air irigasi ini lancar, Pemdes melakukan penaludan. Karena selama ini titik ini menjadi keluhan para petani ketika mendistribusikan air dari hulu ke hilir. Selain itu, pada saluran irigasi yang ditalud ini disampingnya ada jalan usaha tani yang mana lebarnya hanya 2 meter saja.

BACA JUGA  BUMDes Selong Belanak Lebarkan Sayap

“Mungkin kalau danaya keluar, program talud ini paling pertama kita kerjakan. Mengingat musim hujan sebentar lagi,” ucapnya.

Maroan juga menambahkan, untuk penaludan lapangan desa akan dilaksanakan di Dusun Bonrejeng sepanjang 70 meter dengan dana sekitar Rp 23 juta. Ia menjelaskan, ditaludnya lapangan desa ini agar kualitas pemeliharaannya ke depan lebih bagus. Sebab, pengadaannya dilaksanakan pada tahun ini juga.

“Pengadaannya beberapa waktu lalu kita laksanakan,” pungkasnya. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kades dan BPD Ungga Saling Sikut

Read Next

Pelambik Manfaatkan Rp 600 Juta untuk Beragam Program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular