Perumahan Terbangun Tanpa TPS Sampah

MAKIN MENJAMUR: Salah satu perumahan yang dibangun di Lobar. ( IST/RADAR MANDALIKA )

LOBAR—Sampah masih menjadi masalah klasik yang belum teratasi. Salah satu pemasok sampah adalah dari kawasan perumahan yang makin menjamur di Lobar. Diperburuk dengan tidak adanya tempat pembuangan sementara (TPS) sampah di setiap perumahan. Padahal sesuai ketentuan rekomendasi, pengembang harus menyediakan TPS untuk perumahan yang dibangun.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lobar, HL Winengan mengingatkan pengembang perumahan untuk memperhatikan masalah TPS itu.

“Kita akan panggil untuk mengingatkannya,” ujar Winengan, kemarin.

Meski Disperkim belum bisa mengambil langkah tegas. Sebab, tidak bisa langsung menghakimi pengembang perumahan tidak mau membangunkan TPS. Apalagi, terdapat beberapa perumahan masih proses pembangunan. “Masukan-masukan dari masyarakat kita terima untuk pengawasan, dan akan kita surati (pengembang), kalau belum membangun TPS,” ujarnya.

BACA JUGA  Warga Lobar yang Meninggal Dapat Santunan Rp 500 Ribu

Winengan pun membantah pihaknya dianggap lemah dalam melakukan pengawasan. Sehingga terdapat beberapa perumahan belum membangun TPS. Alasannya, fungsi pengawasan bukan hanya tugas Disperkim. Tapi juga masyarakat. harapannya, masyarakat memberitahukan jika melihat ada perumahan yang tidak membangun TPS. “Kan tidak mungkin saya punya staff lima orang harus mengawasi se-Lobar,” kilahnya. (win/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

PKS Sebut Konsep Medical Tourism Tak Jelas

Read Next

Umrah Bersama Muhsinin Tours & Travel (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular