Polisi Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai

MUNGUT: Sejumlah anggota Kepolisian Polres Loteng melakukan gontong royong pembersihan sampah di Pantai Kuta KEK Mandalika, kemarin. ( IST/RADAR MANDALIKA )

PRAYA—Polres Lombok Tengah (Loteng) melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan pantai Kuta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Madalika Resort Desa Kuta, kemarin.

Aksi bersih pantai yang langsung dipimpin oleh Kapolres Loteng, AKPB Budi Santosa bersama jajaranya itu untuk memungut sampah kertas, ranting kayu, batok kelapa dan sampah lainnya. Tujuan gerakan bersih pantai ini untuk mengurangi sampah plastik yang membuat semrawut pantai dan memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai.

Kapolres Loteng, AKBP Budi Santosa menyatakan, dengan terus bertambahnya jumlah penduduk dan terus meningkatkannya pembangunan tentu dampaknya juga produksi sampah tentunya semakin bertambah. Terlebih saat musim penghujan jumlah sampah di pesisir pantai mengalami peningkatan.  Buktinya, dalam kegiatan pembersihan ini, pihaknya berhasil mengumpulkan puluhan karung sampah yang dipungut di sepanjang Pantai Kuta.

BACA JUGA  Karang Taruna Didorong Lebih Aktif

“Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya sampah dan petingnya menjaga kebersihan pantai untuk kenyamanan para wisatawan yang berkunjung,” ucapnya.

Dengan adanya kegiatan bersih pantai ini juga, ke depan diharapkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dapat ditingkatkan. Terlebih kawasan ini sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk pengembangan pariwisata.

“Kalau pantai kita bersih, wisatawan yang datang pasti merasa aman dan nyaman,” ungkapnya.

Menurutnya juga, menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab bersama, yang harus dilakukan secara terus menerus. Untuk ia mengimbau agar seluruh masyarakat dapat membuang sampah sembarangan baik di lingkungan sendiri atau lokasi umum.

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat perkotaan sampai pedesaan agar tetap menjaga dan melestarikan lingkungan dari ancaman kerusakan termasuk degan meningkatkan kebersihannya,” pinta perwira dua mawar tersebut.

BACA JUGA  Pembentukan LPMD Bunkate Disoal

Sementara itu, Kapolsek Kuta AKP Saogi Angsar juga mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan objek wisata. Hal itu dengan masksud agar pantai selain indah, nyaman bagi pengunjung wisatawan asing yang datang.

“Kalau lingkungan pantai tetap terjaga kebersihannya, saya yakin pengunjung juga akan banyak berdatangan pantai ini,” ujarnya.

“Ke depan kami akan rutin mengajak masyarakat untuk bersihkan pantai ini,” janjinya. (jay)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Aturan Baru BOS Multitafsir

Read Next

Siswa Turut Sukseskan Parade Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular