Puluhan Anjing Liar Dieliminasi

RAWAN RABIES: Anjing liar bergentanyangan di pasar Gerung, kemarin. Keberadaan anjing liar rawan menularkan penyakit rabies. ( WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA )

LOBAR—Puluhan anjing liar dieliminasi Dinas Pertanian Lobar. Sebagai antisipasi merebaknya virus rabies, dan Pulau Lombok telah ditetapkan waspada rabies.

“Eliminasi sudah kita mulai,” ujar Kepala Dinas Pertanian Lobar, H Muhur Zohri, kemarin.

Diakui Muhur, eliminasi harus dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit rabies. Sejauh ini, sudah ada beberapa permintaan eliminasi dari wilayah pelabuhan, Lembar, Gerung, dan Desa Kuranji.

“Di Pelabuhan Lembar kita kerjasama dengan Balai Karantina. Cukup banyak (eliminasi) yang kita lakukan di Pelabuhan Lembar. Ini juga ada surat masuk dari Lurah Gerung Selatan,” sambungnya.

Sampai saat ini, belum ada laporan adanya gigitan yang dialami warga dari hewan pembawa rabies (HPR). Terkecuali gigitan anjing biasa yang tidak terindikasi HPR. Demi mencegah masuknya kasus penyakit rabies, dilakukan pengetatan pengamanan di Pelabuhan Lembar. Bekerjasama dengan Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram dan kepolisian.

BACA JUGA  Bappeda Optimistis Angka Kemiskinan Turun 2 Persen

Tidak hanya menyasar Pelabuhan Lembar saja, namun pelabuhan rakyat juga diawasi.

“Sementara eliminasi untuk anjing liar dulu. Anjing tidak liar tapi mengganggu, kemungkinan juga akan kita eliminasi,” sambungnya.

Langkah eliminasi selain mencegah penyakit rabies, juga mencegah munculnya penyakit lain akibat kotoran anjing tersebut. “Kotoran anjing bisa menyebabkan penyakit bagi manusia. Apalagi sekarang musim hujan,” imbuhnya.

Upaya lain juga dilakukan dinas dengan menyiapkan vaksin. Vaksin akan digunakan untuk mengantisipasi kemungkinan perkembangan rabies. “Mudah-mudahan bisa kita anggarkan di APBD Perubahan. Karena rabies sedang berkembang di Sumbawa,” ujarnya.

Keada masyarakat diimbau segera melapor jika menemukan indikasi HPR. Sehingga dinas bisa langsung melakukan penanganan. (win/r3) 

Spread the love
  • 9
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    9
    Shares

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Dari Kegiatan Reses Wakil Rakyat Lotim

Read Next

Canangkan Zona WBK dan WBBM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular