Ratusan Siswa Bersaing Jadi Paskibraka

TES PASKIBRAKA: Tampak para siswa saat mengikuti tes fisik di lapangan GOR H Lalu Muslihin, untuk bisa menjadi bagian Paskibraka, kemarin. ( MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA )

LOTIM – Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Lombok Timur (Lotim), mulai dilakukan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Lotim. Ratusan siswa bersaing ketat, untuk menjadi bagian dari Paskibraka Lotim. Dari 294 orang siswa SMA sederajat yang ikut seleksi, hanya akan diambil 32 orang putra dan putri.

Ketua PPI Lotim, Eka Taufan Pradita, kepada Radar Mandalika, kemarin mengatakan, sebelumnya telah dilakukan Latihan Gabungan (Latgab) siswa Pengibar Bendera Sekolah (Paskibra). Kini berlanjut pada proses seleksi Paskibraka tahun 2019. Seleksi akan dilakukan hingga tanggal 28 Februari ini.

Sebagai tim seleksi, tidak saja melibatkan anggota PPI. Tetapi juga melibatkan TNI dan Polri, serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lotim. Kerjasama tim seleksi, diklaimnya sangat bagus dan solid.

“Jumlah peserta lumayan banyak mencapai 294 orang. Tapi, yang akan kita ambil hanya 32 orang,” katanya.

Setiap tahapan seleksi lanjut Didit sapaan akrabnya, sudah ditetapkan. Minggu pertama, melakukan seleksi ke sekolah masing-masing. Pekan kedua, melakukan seleksi dengan materi parade, akademik, psikologi dan wawancara. “Seleksi kita lakukan secara profesional, sesuai kriteria yang sudah ditetapkan. Tidak ada istilah titip titipan,” tegasnya lagi.

BACA JUGA  Posko Terpadu Beralih Jadi Warung Nasi

Dalam seleksi ini ucap Didit, tim tak saja melihat kondisi fisik peserta. Tetapi juga sejauh mana kekuatan mental, tingkat kedisiplinan dan kondisi psikologis, sebagai bagian utama yang dipertimbangkan. “Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada kendala dihadapi saat melakukan seleksi. Semua berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (fa’i/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

SK Honda Terbit Usai Pilpres

Read Next

Bejat, Oknum Guru Agama Cabuli Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular