Saluran Irigasi Jebol Bikin Jalan Banjir

BAIQ NURIYAM/RADAR MANDALIKA BANJIR: Saluran irigasi yang berada di Dusun Dasan Kulur, Desa Bunkate jebol karena tidak bisa menampung volume air yang begitu banyak sehingga air sampai meluap ke permukaan jalan raya, kemarin.

JONGGAT- Saluran irigasi yang berada di Dusun Dasan Kulur, Desa Bunkate, Kecamatan Jonggat jebol akibat volume lubang pembuangan yang terlalu minim sehingga air yang mengalir melimpah dan meluap ke jalan raya.

Amak Mejol, dari Dusun Dasan Kulur mengatakan, penyebab terjadinya luapan air ke jalan raya karena volume lubang jembatan yang terlalu kecil dan banyak sampah yang menumpuk di di dalam selokannya sehingga itu yang menyebabkan air meluap ke jalan raya.

“Air ini naik sekitar pukul 05:00 pagi, sementara hujan deras dari kemarin sampai sore sehingga air yang mengalir di saluran irigasi meledak dan meluap ke jalan raya. Saya dan beberapa warga sudah berusaha membersihkan sampah-sampah yang masuk ke lubang jembatan tersebut akan tetapi di dalam juga tersumbat dengan batu besar sehingga hasilnya tidak bisa maksimal,” ungakapya.

BACA JUGA  Sekda Minta Kades Programkan Gotong Royong

Sementara itu Kades Bunkate, Sulaeman mengakui, pihaknya sudah memasukkan laporan ke instansi terkait tentang permohonan pelebaran volume jembatan tersebut. Ia berharap, pemerintah terkait bisa memberikan solusi untuk pelayanan masyarakat, karena jembatan ini milik negara bukan milik desa.

Jika jembatan ini dibiarkan terus menerus tidak diperbaiki akan sangat berbahaya bagi pengguna jalan atau pengendara, karena air menguap dan mengalir deras di jalan raya sehingga bisa menyebabkan jalan menjadi licin.

“Kalau tidak segera di tindak lanjuti bisa sangat berbahaya bagi pengendara jalan. Karena airnya terus meluap ke jalan raya sehingga membahayakan keselamatan warga. Semoga ada tindak balik dari pemerintah atau instansi terkait yang bisa langsung membantu perbaikan jembatan tersebut. Jembatan ini dikelola negara bukan desa kalau seandainya di buat olek desa tentu pemdes akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki demi keamanan dan kenyamanan bersama,” tutupnya. (cr-nur)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Fakta Unik Jalur Pendakian Sesaot-Rinjani

Read Next

Warga Dilatih Sulap Kotoran Jadi Pupuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular