Semua Desa Diminta Gelar MTQ

PIDATO: Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri membuka MTQ tingkat kecamatan di salah satu kecamatan belum lama ini. ( TARNADI/RADAR MANDALIKA )

PRAYA—Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri meminta semua desa agar mengalokasikan dana untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat desa setiap tahunnya. Sebab gelaran MTQ ini sekaligus sebagai salah satu upaya membumikan Alquran di Lombok Tengah.

“Tidak perlu banyak, yang penting setiap tahun dilaksanakan,” pinta Pathul.

Menurutnya, untuk mencetak qori qoriah dan hafiz hafizah andal, pembinaan dan pemberdayaan harus dimulai dari desa. Karena selama ini, banyak muncul para penghafal Alquran yang berprestasi dari tingkat desa. Apalagi, sejak 2015 lalu dana yang dikelola desa cukup besar. Tentu, dari peran orang tua yang terus menuntun anak-anaknya belajar Alquran melalui TPQ dan masjid-masjid.

BACA JUGA  Ditabrak Lari, Pemuda Asal Praya Tewas

Memprogramkan kegiatan agama dari tingkat bawah, tambah politisi Gerindra ini, sebagai langkah awal untuk mempersiapkan generasi emas Loteng ke depan yang cinta akan Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam. Jangan sampai, ketika pergelaran MTQ di kecamatan, ada desa yang tidak mengutus perwakilannya disebabkan tidak memiliki utusan yang potensial.

“Kalau ada yang tidak mengutus perwakilannya, sangat disayangkan itu,” sebutnya.

Untuk itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Loteng ini mengajak semua unsur pemerintah dari tingkatan bawah hingga kabupaten untuk memuliakan para penghafal dan orang-orang yang mengajarkan Alquran. Karena salah satu cara mencintai Allah SWT yakni dengan mencintai para penghafal Alquran.

“Ini sebagai salah satu cara kita memfilter pengaruh global juga,” pungkas mantan politisi Udayana ini. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kuota P3K Banyak Mubazir

Read Next

Pembagian Rastra, Kades Dilema

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular