Sisi Lain Jambore SDM PKH dan Baksos 2019

SERAHKAN : Wabup didampingi Kepala Disos Lotim, saat menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis pada KPM PKH, kemarin. ( HUMAS PROTOKOL FOR RADAR MANDALIKA )

Diminta Sungguh-sungguh Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan

SDM PKH memiliki peran besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui berbagai program Kementerian Sosial (Kemensos).

MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

KABUPATEN Lombok Timur (Lotim) memiliki sekitar 300 lebih Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH). Jumlah ini, masih jauh dari kata ideal, dibandingkan dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang mencapai 400 ribu KPM lebih.

Peran aktif SDM PKH tentunya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Terutama pemerintah pusat, provinsi, daerah, masyarakat dan swasta yang peduli. Tidak kalah pentingnya, adalah dukungan sesama SDM PKH yang saling bahu membahu. Dalam mengawal program dan masyarakat yang membutuhkan bantuan serta dorongan, agar dapat segera tumbuh berkembang dari kondisi yang kurang menguntungkan, menjadi masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

Kemarin, digelar Jambore Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) Lotim. Jambore ini, dirangkai dengan Bakti Sosial (Baksos) 2019 di Kebun Raya Lemor, Kecamatan Suela Lotim. Dengan diadakan jambore SDM PHK ini, dapat mewujudkan tujuan sosial kemanusiaan dan meningkatkan jalinan silaturrahmi antar sesama SDM PKH dan masyarakat.

BACA JUGA  Dari Apel Siaga Bencana BPBD Lotim

Sekaligus juga, menyerahkan secara simbolis BUTAB dan KKS PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan anak berprestasi. Jambore SDM PKH ini, juga dimeriahkan dengan kegiatan pameran hasil kerajinan KPM binaan dari SDM PKH,  Pemberian sembako, penanaman 1000 bibit pohon, senam jantung sehat, pengobatan gratis dan donor darah.

Menurut Wabup Lotim, H Rumaksi SJ, PKH merupakan upaya memberi perlindungan sosial bagi Keluarga Sangat Miskin (KSM). Ini merupakan bagian dari strategi penanggulangan kemiskinan, dengan memberi bantuan dana tunai bersyarat.

Pendampingan yang dilakukan pada PKH, berupa verifikasi dan validasi pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Terutama dalam meningkatkan kualitas hidup dibidang pendidikan, kesehatan serta lansia, dinilai berjalan efektif. Terutama jika melihat dampak terhadap penanggulangan kemiskinan.

BACA JUGA  Berkunjung ke Kampoeng Ikan Desa Kluncing

Untuk itulah saat ini Lotim memiliki tanggung jawab besar, untuk penurunan angka kemiskinan. Karena jika angka kemiskinan berada di titik terendah, maka akan semakin sulit untuk menanggulangi kerak kemiskinan ini.

Namun demikian, pemerintah disebutnya tetap optimis, masih dapat menurunkan angka tersebut. Karena itu pada rancangan RPJMD 2018-2023, pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan menjadi 14 persen dalam lima tahun ke depan.

Ia mengungkapkan, keberadaan seluruh pendamping SDM PKH sebagai pekerja sosial, memiliki andil besar dalam memberdayakan masyarakat agar mandiri. Kedepan ia berharap, lebih giat bekerja, dan sungguh-sungguh dalam melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan, agar tepat sasaran. “Saya berpesan pada masyarakat, untuk turut berperan aktif melawan kemiskinan, melalui peningkatan kualitas hidup. Baik dibidang kesehatan dan pendidikan. Sehingga, dapat menjadi masyarakat mandiri seperti yang kita harapkan,” ucap H Rumaksi SJ, Wabup Lotim. (*)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Masyarakat Masih Minim Manfaatkan Sipepadu

Read Next

Penjudi Sabung Ayam Kocar Kacir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular