SMKN 1 Janapria Gandeng Kampus Malaysia

PANTAU: Kepala SMKN 1 Janapria, H Abdul Wahid saat memantau siswa belajar di luar kelas, kemarin. ( BAMBANG/RADAR MANDALIKA )

Kerjasama Studi Lanjutan dan Magang Siswa

LOTENG- SMKN 1 Janapria menjalin kerjasama dengan kampus ternama di Malaysia, Universitas Seremban. Kerjasama dalam bidang pendidikan ini, khusus untuk studi lanjutan. Artinya, lulusan SMKN 1 Janapria diberikan kesempatan untuk bisa melanjutkan studinya di kampus Malaysia.

Kepala SMKN 1 Janapria, H Abdul Wahid menuturkan, kerjasama dengan pusat studi di luar negeri ini belum lama terjalin. Dipilhnya Universitas Seremban karena kampus ini merupakan salah satu yang terbaik di Negeri Jiran, Malaysia. Dalam kerjasama ini, ditawarkan program belajar sambil bekerja. Dimana lulusan yang ingin kuliah, nantinya bisa sambil bekerja. Apalagi waktu tempuh studi yang tergolong singkat, yakni sekitar dua tahun.

“Kami sangat antusias untuk ikut kerjasama ini, semoga ada lulusan yang bisa melanjutkan studinya di kampus Malaysia itu,” tuturnya ditemui di ruang kerjanya, kemarin. 

Dalam hal ini, kampus Malaysia memberikan jatah sebanyak 100 orang untuk siswa se NTB. Sedangkan khusus untuk sekolah Lombok Tengah sendiri dijatah sekitar 75 siswa dari kuota keseluruhan. Sehingga ini menjadi kesempatan emas bagi lulusan untuk meningkatkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki saat ini. Untuk itu, pihak sekolah tengah mempersiapkan siswa untuk mendapatkan kesempatan ini. Baik dari segi peningkatan pengetahuan keahlian sesuai jurusan hingga kemampuan bahasa asing sebagai pelengkap.

BACA JUGA  Intensifkan Pembinaan Siswa KSM Provinsi

“Dengan persiapan yang sudah dilakukan, kami optimis ada lulusan yang diterima nantinya,” ungkapnya. 

Tidak hanya dengan kampus Malaysia saja, pihak sekolah juga menjalin kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi di Batam. Berbeda dengan kampus Malaysia, kerjasama dengan perguruan tinggi Batam ini lebih kepada peningkatan kompetensi siswa. Dalam hal ini, mekanisme kerjasama nantinya siswa akan diberikan kesempatan untuk mengikuti program magang atau praktikum di perguruan tinggi tersebut.

“Untuk siswa yang praktikum semua biaya ditanggung, mulai dari biaya kos dan lainnya,” terangnya.

Program magang ini berlangsung selama tiga bulan. Selain mendapatkan ilmu serta pengetahuan lebih, nantinya setelah lulus siswa juga bisa langsung dipekerjakan. Mengingat perguruan tinggi ini mengelola berbagai usaha, termasuk memiliki beberapa hotel.

BACA JUGA  Sekolah Favorit Ramai, Sekolah Pinggiran Sepi

“Perekrutan siswa magang melalui sekolah,” ujarnya.

Selain dengan dua perguruan tinggi ternama tersebut, pihak sekolah juga saat ini tengah membidik program beasiswa ke China melalui program Gubernur NTB. Kesempatan ini dipastikan tidak akan terlewatkan sia-sia. Apalagi kuota yang dibuka sebanyak 1000 mahasiswa. Sehingga pihak sekolah sudah mendaftarkan sebanyak 68 siswa.

“Tinggal tunggu pengumumannya saja. Kami berharap bisa dapat kesempatan ini, karena ada 1000 jatah,” pungkasnya. (bam)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kekurangan Komputer Bisa Diatasi

Read Next

Tuan Rumah, Mekar Damai Jawara Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular