Surat Suara Segera Tiba

LOBAR—Logistik pemilihan umum (Pemilu) 2019 berupa surat suara, diperkirakan tiba di Lombok Barat (Lobar) pada Kamis (27/2) mendatang. Pengiriman logistic ini dikirim menggunakan kontainer, melalui jalur laut dari Surabaya menuju Lombok.

Ketua KPU Lobar, Bambang Karyono mengatakan, permakluman pengiriman menggunakan kontainer sudah disampaikan pihak perusahaan percetakan. Alasannya, kondisi cuaca dikhawatirkan akan mempengaruhi proses pengiriman.

“Informasi terakhir dari pihak perusahaan di Surabaya, hari ini (kemarin, red) baru berangkat kontainernya. Prediksi Kamis paling lambat sudah ada di gudang,” ujar Bambang yang ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, surat suara yang dikirim itu baru dua jenis saja. Yaitu surat suara untuk Pilpres dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tingkat DPR RI. Jumlahnya dua kali Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2 persen cadangan.

BACA JUGA  Kepala OPD Mendadak Menghilang

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke 2 (DPTHP 2), jumlah pemilih di Lobar sebanyak 479.882. Jenis surat suara lainnya, akan menyusul dikirim. “Begitu surat suara sampai, kita langsung bergerak untuk melakukan pelipatan surat suara,” kata pria yang baru dilantik sebagai Ketua KPU Lobar ini.

Sesuai jadwal, seluruh logistic Pemilu akan siap di bulan Maret. Kemudian persiapan pendistribusian ke seluruh TPS sudah dilakukan awal minggu pertama April.

Mengenai proses pelipatan dan pengepakan surat suara, Bambang memastikan, akan dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai ada surat suara yang tertukar. “Itu yang paling kami antisipasi. Jangan sampai dapil A masuk ke dapil B,” sambungnya.

Antisipasi sudah dilakukan sejak saat ini. Dengan tetap mengawal proses persiapan yang lain. Baik untuk perbaikan DPHTP masa kampanye, maupun sosialisasi kepada 11 katagori pemilih. “Ke depan kami juga sudah sepakat melakukan evaluasi di masing-masing tahapan yang sudah selesai, maupun yang sedang berlangsung,” imbuhnya.

BACA JUGA  Lobar Darurat Kekeringan

Ditanya target partisipasi pemilih, Bambang menyebut secara nasional targetnya 77 persen. Untuk di Lobar, diharapkan bisa melampui presentase tersebut. Demi mencapai target itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder.

Termasuk peserta pemilu, dari unsur partai politik maupun indipenden. Terlebih lagi tingginya partisipasi ini akan memperngaruhi hasil yang diterima peserta pemilu itu sendiri. “Karena kita semua punya kepentingan terhadap partisipasi itu,” pungkasnya. (win/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Mutasi, Beberapa Pejabat Non Job

Read Next

Sediakan Wifi Gratis untuk Destinasi Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular