Tekankan Pentingnya Literasi

DOK/RADAR MANDALIKA H Sumum

LOTENG— Dinas Pendidikan Lombok Tengah, H Sumum menegaskan pentingnya penerapan dan pengembangan literasi di sekolah. Menurutnya, pembelajaran literasi sangat penting karena kemampuan akan memahami sepenuhnya apa yang dibaca secara utuh. Sehingga bukan sekedar kemampuan membaca saja, akan tetapi juga dapat memahami.

“Semua bisa baca tetapi tidak semua bisa litere, sehingga sangat perlu untuk diterapkan di sekolah,” ujarnya.

Sejauh ini penerapan di sekolah Lombok Tengah sudah mulai dilakukan. Penerapan di sekolah dilakukan dengan cara pembacaan Alquran sebelum masuk kelas. Sementara selesai membaca Alquran dilanjutkan dengan membaca buka referensi selama 10 menit. Bahkan ada juga sekolah yang menerapkan melalui pengembangan perpustakaan serta pembuatan pojok baca bagi siswa. Akan tetapi hingga saat ini penerapannya dirasa masih belum sempurnya dan semuanya perlu ditingkatkan kembali. Dimulai dari kesadaran kepala sekolah dan guru.

BACA JUGA  Dorong Pertumbuhan Ekstrakulikuler

“Dengan tujuan supaya jangan hanya pandai menyuruh sementara kepala sekolah dan guru sendiri tidak pernah membaca,” ungkapnya.

Sumum berharap semua kepala sekolah tanggap dan menganggap penting literasi tersebut. Sehingga berdampak positif bagi perkembangan peserta didik serta kompetensi semua pihak yang erat kaitannya dengan pendidikan di sekolah.

“Harusnya ini menjadi konsen semua kepala sekolah dan mulai membudayakan literasi di sekolah,” pungkasnya. (bam)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Sudah Saatnya Guru PNS di Sekolah Swasta Dikembalikan ke Negeri

Read Next

Dunia Pendidikan Sarat Pungli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular