Temukan Banyak Aduan, Ombudsman Temui Wagub

MATARAM –  Ombudsman RI Perwakilan NTB menemui Wakil Gubernur NTB, kemarin. Tujuannya, melakukan koordinasi dan komunikasi terkait pelayanan publik di NTB. Ini ada kaitannya dengan laporan yang diterima Ombudsman tahun lalu dari masyarakat. Terlebih soal pelayanan di beberapa sektor, salah satunya di sektor pendidikan.

“Kepala daerah yang baru perlu diberikan gambaran dan pemetaan terkait pelayanan publik,” kata Asisten Ombudsman RI Perwakilan NTB, Muhammad R. Ridho saat menyampaikan point pertemuan dengan Wakil Gubernur.

Pengalaman di tahun 2018, kata dia, banyak masuk laporan terkait dunia pendidikan. Seperti banyaknya penahanan ijazah karena terkendala administrasi di sekolah. Sementara tindakan pungutan liar, sudah mulai berkurang.

BACA JUGA  Dewan Dukung Polda Usut Proyek Islamic Center NTB

Sebetulnya Ombudsman mengaku pelayanan di tahun lalu tidak dibilang masih lemah. Melainkan perlu diperkuat lagi, sehingga tidak ada laporan masyarakat kepada Ombudsman.

Ridho menyampaikan, Ombudsman juga memberikan gambaran terkait pelayanan lainnya. Seperti sektor kesehatan, perizinan dan LTSP untuk layanan TKI. Ombudsman juga  mengapresiasi terbangunnya pengelolaan pengaduan melalui aplikasi NTB Care, sehingga mempermudah akses masyarakat untuk menyampaikan pengaduan/laporan.

Sektor pendidikan kata dia, masih dominan dilaporkan. Tapi koordinasi sudah berjalan dengan baik dan direspon cepat. “Semakin membaik, tapi perlu ditingkatkan kualitas layanannya,” katanya.

Kondisi saat ini, lanjutnya, pungli sudah mulai berkurang. Sistem zonasi semakin meningkatkan kualitas pendidikan yang merata, tetapi masih ada laporan di sektor pendidikan. “Misalnya penahanan ijazah, dan raport. Tapi sudah ditindaklanjuti dengan cepat oleh Dikbud provinsi,” pungkasnya. (jho/r3)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Dukcapil Perekaman E-KTP di Sekolah

Read Next

Pemerintah Tebar Janji Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular