UKM dan Pariwisata Akan Saling Melengkapi

M Ihksan

PRAYA—Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah (Loteng), M Ihksan menyebutkan, produk usaha kecil dan menengah (UKM) akan selalu ada di tengah- tengah geliatnya pembangunan pariwisata ke depanya.  Bahkan, pariwisata dengan produk UKM akan saling melengkapi untuk bersama-sama berkembang.

Ihksan menyampaikan, berkembangnya dunia pariwisata ini tentu akan akan sangat membantu para pengusaha UKM untuk memasarkan produknya. Nantinya, produk-produk UKM bisa dijual ke para wisatawan yang datang berkujung.  Begitupun dengan para pelaku UKM tentu juga akan selalu mempromosikan pariwisata agar tamu wisatawan bisa makin banyak berkunjung.

“Intinya akan saling menguntungkan,” katanya di Pantai Seger,  Minggu malam (24/02).

Ikhsan mengakui, potensi pariwisata daerah ini akan bisa berkembang. Selain dengan banyak objek wisata berupa pantai, namun Loteng juga memilik beberapa produk unggulan kerajinan khas seperti kain tenun, dan memiliki sektor pertanian.  Produk kerajinan warga juga tidak kalah dengan kerajinan warga kabupaten yang sudah maju.  

BACA JUGA  Catat! Ada Sembilan OPD Lakukan Perbaikan

“Tinggal kita meningkat SDM mereka saja dengan memberikan pelatihan,” ujarnya.

Menurut Ikhsan,  sektor pariwisata dengan UKM ini sangat sulit untuk dipisahkan. Sebab, pihaknya akan lelah mendorong kemajuan koperasi dan UKM jika perkembangan pariwisata tidak ada.  Dengan adanya destinasi wisata ini, maka langkah untuk membangun dan mengembangkan produk UKM pun akan terasa lebih ringan. 

“Lihat saja sekarang kebanyakan yang dicari oleh para pelaku UKM untuk jadi oleh-oleh pastinya adalah produk lokal,” ceritanya.(jay/r1)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Pemerintah Tebar Janji Lagi

Read Next

Karnaval yang Mampu Menghipnotis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular