UPK Kecamatan BKU Minta Pemdes Cerdas Kelola BUMDes

BAIQ NURIYAM/RADAR MANDALIKA SIGIT APRIANTO

BKU—Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) Kecamatan Batukliang Utara (BKU) berharap Pemdes cerdas dalam mengelola BUMDes.

Ketua UPK BKU, Sigit Aprianto mengatakan, seharusnya dana BUMDes itu harus benar-benar dimanfaatkan untuk pemberdayaan maupun pelatihan dengan tepat. Sehingga masyarakat sekitar bisa merasakan manfaatnya.

“Jangan hanya fokus pada pembangunan fisik saja akan tetapi pemberdayaan lebih penting untuk menunjang kelayakan sumber daya manusia. Melihat dana BUMDes cukup besar sehingga bukan tidak mungkin bisa melahirkan rakyat yang cerdas dan mandiri dalam berwirausaha. Ketika sudah mandiri tentu akan bisa melahirkan kader-kader baru yang berpotensi,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Sementara itu, UPK siap mendampingi masyarakat yang memang membutuhkan bantuan dalam pengembangan usaha mikro. Tentu melewati beberapa prosedur yang ada seperti menulis proposal dan melengkapi beberapa persyaratan lainnya. Sehingga bisa di verifikasi oleh tim lapangan.

BACA JUGA  Beleka Latih Perangkat Desa

“Setelah memasukkan proposal tim lapangan akan survei langsung ke lokasi untuk meninjau layak atau tidaknya mendapatkan bantuan dana,” ujarnya.

Ditambahkan, program UPK lebih fokus ke pemberdayaan ekonomi dan prasarana. Selain itu, mengelola simpan pinjam perempuan dalam artian sistemnya dikelola oleh kelompok masyarakat dan tetap kembali untuk masyarakat.

“Sedangkan yang berhak mendapatkan bantuan dari lembaga UPK ini adalah delapan atau semua desa se-Kecamatan Batukliang Utara, tentu jika Pemdes bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan UPK terkait pengelolaan BUMDes akan sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha mikro, usaha kelompok, dan pengembangan BUMDes,” tutupnya. (cr-nur)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kadir Sulap Sampah Jadi Paving Blok

Read Next

Melihat Kisah Hidup Papuq Mune

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular