Warga Tanak Rarang Tuntut Janji Pemkab

TARNADI/RADAR MANDALIKA RUSAK: Salah satu warga menunjukkan kondisi ruas jalan kabupaten yang ada di Desa Tanak Rarang, Kecamatan Prabar, Rabu (8/1).

Perbaiki Jalan Kabupaten Menuju Kantor Desa

PRABAR– Warga Desa Tanak Rarang, Kecamatan Praya Barat (Prabar) kini menagih janji pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk memperbaiki jalan kabupaten yang ada di desa setempat. Ruas jalan kabupaten yang panjangnya sekitar 3,5 kilometer tersebut merupakan salah satu jalan yang belum pernah tersentuh hotmix. Padahal ruas jalan tersebut merupakan ruas jalan yang sangat strategis di desa setempat. Dikarenakan menghubungkan akses masyarakat menuju ke kantor desa.

“Kalau dari Dusun Kelebuh Desa Tanak Rarang sampai dengan Dusun Jurang Are Desa Bonder, panjang jalan ini sekitar 3,5 kilometer,” tutur Haji Ibrahim Lubis, salah satu warga Dusun Senyong, Desa Tanak Rarang.

Ia menceritakan bahwa, ruas jalan ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Namun sejak desa berdiri pada 2010 lalu, baru 2015 bisa beralih status menjadi jalan kabupaten. Waktu itu, kabupaten juga langsung  memperbaikinya dengan lapen. Akan tetapi, dengan perbaikan tersebut tidak bisa bertahan lama, hanya dua tahun sudah mengalami kerusakan. Dikarenakan memang usia tahan kerusakannya untuk lapen ini menurutnya tidak lama. Bahkan, kerusakan tersebut diperparah pada tahun ini. Buktinya, di beberapa titik ruas jalan yang memiliki lebar lebih dari 3 meter tersebut kini kerusakannya makin parah. Tidak hanya itu, beberapa plat beton yang ada di beberapa titik sempat rusak tahun lalu. Parahnya, salah satu jembatan yang ada di sebelah timur kantor desa tidak memiliki bahu pembatas di kiri kananya. Sehingga rentan terjadi kecelakaan dimarenakan dibahanya ada sungai yang dasarnya bebatuan.

BACA JUGA  RS Internasional Tetap Dibangun Lapangan Mandalika

“Setelah lapen 2015 itu, sampai sekarang tidak pernah ada perbaikan lagi,” sebutnya.

Demikian juga disampaikan anggota BPD Desa Tanak Rarang, Setare. Ia menjelaskan jika kondisi jalan kabupaten sepanjang 3,5 kilometer tersebut memang sudah selayaknya dihotmix. Karena ini ruas jalan ekonomi, pendidikan dan ekonomi masyarakat. Selain itu, jika ia melihat di desa-desa lain di Kecamatan Prabar, hanya jalan kabupaten di desanya yang belum dihotmix. Sehingga keluhan masyarakat tersebut sudah sering disampaikan pemerintah desa dan warga ke Pemkab, terutama bupati, wakil bupati dan Sekda. Dalam pengaduan tersebut, Pemkab kerap mrnjanjikannya untuk dihotmix secepatnya. Hanya saja, sampai sekarang ini tak terealisasi. Oleh karena itu, pihaknya di BPD dan selaku masyarakat menagih janji tersebut.

BACA JUGA  Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Pasar

“Infonya tahun ini kita dijanjikan lagi, mudahan bisa terealisasi itu,” ujar anggota BPD Dusun Senyong.

“Saya sudah sampaikan ke Dinas PUPR soal keluhan dan harapan masyarakat ini. Tapi kita dijanjikan tahun ini. Mudahan betul direalisasi,” sambung Kades Tanak Rarang, Haji Najmul Hadi. 

Najmul mengutarakan, dengan Kadis PUPR yang baru sekarang ini Pemdes dan masyarakat Tanak Rarang menaruh harapan besar agar bisa dihotmix. Pasalnya, perbaikan ruas jalan ini sangat dinantikan masyarakat. Termasuk pentaludan sisi kiri dan kanannya apalagi disana ada saluran irigasi juga.

“Jalan ini jalan kami menuju desa tetangg. Desa Pandan Indah, Kabul, Bonder, Setanghor dan desa-desa lainnya,” pungkasnya. (tar)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Redaksi RadarMandalika

Read Previous

Kadus Malas Dipecat Saja!

Read Next

Serage Gelar Pelatihan Anyaman Ketak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular